JAJARAN KODIM 1203/KTP GENCAR SOSIALISASIKAN PROGRAM DESA MANDIRI MENUJU LANGIT BIRU DIWILAYAHNYA

POSTKOTAPONTIANAK.COM

Ketapang, Sabtu,(7/3/20) –Sosialisasi Program Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa di jajaran Kodim 1203/Ktp yang meliputi Kabupaten Ketapang dan Kab. Kayong Utara masih terus dilaksanakan oleh jajaran tingkat Koramil / Kecamatan dalam minggu ini, seperti yang dilaksanakan oleh Koramil 1203-15/Teluk Batang dan Koramil 1203-03/Kendawangan.

Dandim 1203/Ktp Letkol Kav Jami’an,S.I.P, saat ditemui mengatakan bahwa Program desa mandiri menuju langit biru di bumi Khatulistiwa yang digagas oleh Bapak Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dan selanjutnya ditindak lanjuti oleh Jajaran Kodim 1203/Ktp,”ungkapnya.

Sosialisasi ini bertujuan membantu dan mendukung percepatan peningkatan status kemajuan dan kemandirian desa serta menargetkan Zero Hotspot di wilayah Kalbar,untuk itu di tahun 2020 ini mari kita ciptakan desa mandiri menuju langit biru di bumi Khatulistiwa ini,” harapnya.

Lanjutnya penanggulangan Bencana kebakaran hutan dan lahan, yang menyita perhatian publik. Di berbagai wilayah hendaknya menjadi pengalaman kita semua,melalui Program Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa di harapkan dapat meningkatkan sinergitas yang sudah berjalan baik tentunya semua itu harus dilandasi dengan niat, tekad yang optimis agar bisa menjadi lebih baik lagi ,”Ungkap Dandim.

Di wilayah Koramil 1203-15/Teluk Batang kegiatan sosialisasi yang berlangsung di gedung serba guna kecamatan teluk Batang, sedangkan Koramil 1203-03/Kendawangan berlangsung di ruang rapat kantor camat Kendawangan.
Sosialisasi tersebut cukup mendapat perhatian serius dari peserta yang terdiri dari para Kepala Desa, tokoh masyarakat dan perwakilan perusahaan yang ada di wilayah Kec.Teluk Batang dan Kec. Kendawangan, juga hadir Manggala Agni dan KSDA Kecamatan sebagai Nara sumber.
Danramil 1203-03/Kwd Kapten Inf Samsu Alam memaparkan bahwa Kendawangan yang mempunyai wilayah yang cukup luas sangat kesulitan jika terjadi kebakaran hutan dan lahan apalagi ada hutan Cagar Alam yang luasnya lebih dari 12.000 hektar yang dikelilingi tujuh desa penyangga, diakuinya wajar kalau Kendawangan penyumbang titik hot spot terbesar se Kabupaten Ketapang, kami dari TNI bertekad untuk mengurangi/meminimalisir karhutla di tahun 2020 di Kecamatan Kendawangan ini,”Kata Kapten Inf.Samsu Alam.

Sementara itu Danramil 1203-15/TLB Lettu Inf Suyatno menuturkan ” Guna mengantisipasi Karhutla pada tahun 2020 ini perlunya dibentuk Satgas Relawan Karhutla yang terdiri dari perusahaan dan instansi terkait serta dilibatkan Kades dan masyarakat karena Karhutla sendiri adalah merupakan problem kita bersama.

Ia menambahkan, apapun alasannya, pembukaan lahan dengan cara dibakar bertentangan dengan hukum yang berlaku, sudah banyak kasus pembakaran lahan pada tahun sebelumnya dan semua diproses sesuai hukum yang berlaku,” tutupnya.

(Kodim 1203)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *