Jaga Danau Lingkungan Hidup, Pemkab Sintang MoA Dan WWF Indonesia

www.postkotapontianak.com

SINTANG- 17 September 2018,  dr. Jarot Winarno dan Ir. Irwan Gunawan Direktur Kalimantan Yayasan WWF Indonesia menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) di Hotel My Home.

Bupati Sintang Jarot menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Sintang siap dan terbuka bagi organisasi non Pemerintah yang mau membantu Kabupaten Sintang menjaga lingkungan dan hutan.

WWF Indonesia sudah membantu Sintang dengan luar biasa, dan kami minta terus diperkuat dan ditambah, Hutan yang ada di Sintang saat ini 1,2 juta hektar dari total 90 juta hektar hutan di Indonesia ini. Pihaknya berusaha keras menjaga kawasan hutan yang merupakan sumberbair, bagi pemkab sintang hutan juga sumber bahan pewarna alami untuk tenun unggulan sintang yakni tenun ikat dayak.

Saat ini ada banyak desa yang mengajukan status hutan yang ada untuk dijadikan hutan adat, Pemkab Sintang masih mempersilahkan kalau ada desa dan masyarakat adat yang ingin merubah status hutan menjadi hutan desa dan hutan adat.

Meskipun sampai sekarang belum ada kebijakkan insentif untuk Kabupaten yang mau menjaga hutan, maka tata cara pembukaan lahan bagi masyarakat di kabupaten sintang merupakan salah satu amanat dalam peraturan daerah No. I Tahun 2016 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Ini harus disusun dan diatur dalam  peraturan Bupati Sintang No. 57 Tahun 2012 telah mengakomodir kreatifan lokal dan diatur sedemikian rupa agar tidak terjadi bencana karhutla. Ungkapnya

(pewarta : yefta k. LMB gruop)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *