Iswandi : Penembangan Pasir Ancam Kawasan Sejarah

POSKOTA PONTIANAK.COM

Lokasi penambangan pasir.
Lokasi penambangan pasir.

MEMPAWAH-Keberadaan penambang pasir di area cagar budaya di daerah Sebukit Rama Desa Pasir Kabupaten Mempawah semakin mengancam kawasan bersejarah tersebut. Padahal, daerah Sebukit Rama tersebut selama ini menjadi daerah yang dilindungi karena memiliki sejarah yang tidak sedikit. Demikian disampaikan Iswandi, Sekretaris Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI), Kabupaten Mempawah, pada “PostKota Pontianak” Senin, 23 Februari 2015.

Menurutnya, keberadaan penambangan pasir bisa mempercepat laju air sehingga tingkat erosi tebing sungai semakin tergerus..,” katanya,

Ia juga menyayangkan keluarnya rekomendasi desa dan kecamatan sebagai persyaratan penerbitan izin penambangan tersebut.

Sebukit Rama yang terkenal dengan Opu Daeng Menambon selama ini menjadi kawasan yang dijadikan penelitian dari berbagai universitas yang ada di Indonesia. Mereka kerap melakukan penelitian masalah budaya dan asal usul berdirinya kerajaan di Mempawah.

“ Kita sudah menginformasikan penambangan ilegal ini ke instansi terkait dan juga telah dilaporkan ke Polres Mempawah karena dianggap melanggar UU 32 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Lingkungan dan PP No 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya,” pungkas Iswandi.(PKP*)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *