IRMAS Desa Totogan Lokidang Wetan Berbagi Ditengah Pandemi

” Kita mencoba berbagi rezeki kepada saudara-saudara kami yang ada dikampung halaman, mereka banyak yang kesulitan dalan kondisi kita sekarang sedang mewabahnya covid-19,”

Karangsambung | Kebumen | Jawa Tengah | PKP : Meski Ramadan tahun ini diwarnai pandemi Covid-19, semangat berbagi kebaikan di antara warga tidak pudar. Salah satunya dilakukan oleh IRMAS (Ikatan Remaja Masjid,red) Baiturahman Perantauan asal Desa Totogan Lokidang Wetan, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah .

Adalah IRMAS Baiturahman yang ada diperantuan bekerjasama dengan IRMAS yang ada dikampung halaman. Sebagai inisator penggalangan dana bantuan tersebut adalah IRMAS Baiturahman yang ada di perantuan. Semangat serta motivasi untuk membantu saudara-saudara dikampung halamannya terwujud dan terealisasi, pada Rabu (06/05/2020).

Kepedulian IRMAS kepada saudara-saudara mereka akibat dampak Pandemi Corona ini sangatlah berarti bagi warga masyarakat. Tentunya hal ini harus diapresiasi oleh pemerintah daerah setempat.

“Insya Allah ini rezeki dari tabungan kita sendiri, kita sisihkan untuk berbagi dengan sesama apalagi di bulan suci Ramadan ini. Mengingat Ramadan tahun ini sangat memprihatikan sejak munculnya wabah corona. Dampaknya sangat terasa bagi masyarakat desa kami, secara ekonomi sangat berpengaruh, untuk itu kami yang diperantauan berinisiatif menggalang dana bantuan untuk berpartisipasi membantu saudara kami yang di desa terkait kebutuhan pokok bagi warga masyarakat di desa kami,” terang Limin.

“Kita mencoba berbagi rezeki kepada saudara-saudara kami yang ada dikampung halaman, mereka banyak yang kesulitan dalan kondisi kita sekarang sedang mewabahnya covid-19,” katanya.

Terlebih saat ini kondisi ekonomi warga menjadi tidak stabil lantaran mereka harus kehilangan pendapatan di tengah wabah corona.

Mulai dari pedagang hingga pekerja buruh kasar pun harus kehilangan pendapatan mereka. Selain itu, beberapa karyawan juga mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). Tentunya, kondisi ini membuat banyak orang kesulitan mencukupi kebutuhan hidup mereka.

Menurut Limin, aksi penggalangan dana hingga pemberian bantuan tersebut telah mendapat restu dan ijin dari tokoh-tokoh masyarakat dan Pamong Desa.

“Alhamdulillah, atas restu dan ijin para sesepuh dan pamong desa kegiatan kami di Jakarta berjalan lancar dan terwujud,” jelas Limin.

Masih menurut Limin bahwa, “Dalam pelaksanaan kegiatan IRMAS di kampung di laksanakan oleh Ibu Sumini, Ibu Ratini dan Ade Haryanto, Sugino. Intinya warga antusias dengan kegiatan ini. Dengan guyup rukun warga masyarakat menyerahkan bantuan sembako tersebut kepada warga, “ tambah Limin.

Dalam kegiatan berbagi bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Haryanto pengurus IRMAS perantauan kepada Muslihudin pengurus Masjid sekaligus guru ngaji.

Sementara itu, Haryanto mengatakan bahwa, “Alhamdulillah, amanah dari para donator sudah kami serahkan secara simbolis . Dan Alhamdulillah, kegiatan ini disambut antusias dan haru senang dengan adanya kegiatan IRMAS berbagi keluarga kampung halaman ini,” jelas Haryanto.

Adapun Susunan Pengurus IRMAS Baiturahman sebagai berikut :
Pengurus IRMAS di Perantauan
1.Sukirman
2.Marimin
3.Wasimin

Pengurus IRMAS di Kampung
1.Sumini
2.Ade haryanto
3.Sugiono

Haris Supriyono sebagai putra daerah yang ada di Jakarta yang sekaligus Pembina dalam penggalangan dana tersebut berpesan,”Layani keluarga kita dengan senyum dan sopan dan salam dari IRMAS rantau untuk Keluarga semuanya,” ujar Haris kepada Lapan6online.com, pada Rabu (06/05/2020).

Sementara itu, Amim Witoto selaku Ketua IRMAS mengatakan,”Alhamdulillah, kegiatan pada Rabu (06/05/2020) berjalan dengan lancar. Warga masyarakat terlihat sangat antusias dan bahagia dengan adanya kegiatan ini. Semoga kegiatan ini dapat berjalan sesuai dengan agenda yang telah ditetapkan dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Semoga Alloh SWT segera memusnahkan virus corona ini,” ujar Amim.

Secara terpisah, baik Andre maupun Marimin sangat mengapresiasi kegiatan tersebut,“Dengan mengucap syukur alhamdulillah, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan berbagi rezeki dan menujukkan kepedulian terhadap masyarakat di tengah mewabahnya Corona Virus (Covid-19) dengan harapan dapat memberikan manfaat di tengah masyarakat. Kami atas nama IRMAS Perantauan sangat peduli dengan saudara-saudara di kampung dalam kondisi Pandemi ini. Semoga kita semua senantiasa dalam Lindungan Alloh SWT, “ ujar Andre didampingi Marimin.

Pengurus IRMAS Baiturahman berharap, semoga bantuan tersebut bermanfaat bagi masyarakat. Sebaik-baik manusi adalah yang bermanfaat bagi orang banyak./* (Haris Supriyono)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *