IPTU Joni Donorkan Darah di Bulan Bhakti Praja Muda Karana (Pramuka), Dudung : Hadiah Istimewa Buat Kami

Mempawah (Post Kota Pontianak Online) – Kwartir Cabang (Kwarcab) Mempawah menggelar aksi sosial kemanusiaan untuk memeriahkan Bulan Bhakti HUT Pramuka tahun 2021 pada Minggu (22/8/2021) pagi.

Dalam aksi itu, para Pramuka menyelenggarakan kegiatan donor darah dan vaksinasi yang berlangsung di Sekretariat Kwarcab Mempawah, Jalan Raden Kusno.

Menariknya, orang-orang yang terpanggil untuk mendonorkan darahnya, ternyata berdatangan dari berbagai kalangan profesi dan jabatan.

Dua orang di antaranya adalah Kapolsek Sungai Kunyit, Iptu Joni, dan Ketua LSM Mempawah Berani, Maman Suratman.

“Saya merasa terpanggil mendonorkan darah pada rangkaian kegiatan Bulan Bhakti HUT Pramuka. Semoga setetes demi setetes darah yang saya sumbangkan bisa bermanfaat untuk sesama,” ungkap Iptu Joni.

Ia mengatakan, sosok Pramuka sangat mulia. Pramuka merupakan salah satu garda terdepan dalam membentuk karakter generasi muda.

“Terlebih dalam aksi-aksi sosial kemanusiaan, Pramuka kita lihat juga kerap turun langsung membantu masyarakat yang membutuhkan. Ini patut kita dukung!” ujar Joni.

Karena itu, saat mendapat informasi ada aksi sosial donor darah dan vaksinasi dalam rangka Bulan Bhakti HUT Pramuka, Joni langsung menyatakan diri ikut serta.

“Golongan darah saya O. Setelah donor darah, tubuh dan fikiran saya terasa segar. Ini efek luar biasa setiap kita melakukan transfusi darah demi kemanusiaan,” tegas Iptu Joni.

Dalam kesempatan itu pula, Joni mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung program vaksinasi sebagai upaya pemerintah untuk mempercepat pengentasan pandemi Covid-19.

“Mari kita ikuti vaksinasi, karena dengan vaksin kita bisa memiliki kekebalan komunal dari bahaya penyebaran virus Corona,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua LSM Mempawah Berani, Maman Suratman, mengaku turut mendonorkan darahnya. Maman punya golongan darah B.

Menurut Maman, donor darah yang dilakukan Kapolsek Sungai Kunyit, Iptu Joni, merupakan suatu perbuatan yang baik dan patut untuk diikuti ke depannya.

“Kita berharap, semakin banyak masyarakat yang peduli dan mau mendonorkan darah untuk menyelamatkan nyawa manusia yang membutuhkan darah,” imbuhnya.

Kado Istimewa

Ketua Kwartir Cabang Mempawah, Dudung Agus Suharto, menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Kapolsek Sungai Kunyit, Iptu Joni, yang telah dengan sukarela mendonorkan darah.

“Kami salut kepada bapak Kapolsek Sungai Kunyit. Kehadiran beliau pada aksi donor darah merupakan kado istimewa bagi kami para pramuka di Kwarcab Mempawah,” ungkap Dudung panghilan akrabnya.

Dalam Bulan Bhakti HUT Pramuka ini, Kwarcab Mempawah menggelar sejumlah kegiatan, termasuk aksi sosial donor darah pada Minggu (22/8/2021) dan vaksinasi pada Sabtu (28/8/2021).

“Sesuai dengan tema besar HUT Pramuka tahun 2021 ini, yakni Mengabdi Tiada Henti, semoga apa yang kami lakukan dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat,” imbuh dia.

Penulis : Usmadi


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.