Inilah Antisipasi Bandara Internasional Supadio Pontianak Ketika Cuaca Buruk Terjadi

POSTKOTAPONTIANAK.COM

(Kubu Raya) – Manager Operasi dan Service Bandara Internasional Supadio Pontianak Zulbrito Radikar mengatakan bahwa salah satu faktor yang menjadi kendala dalam kegiatan penerbangan di Bandara Internasional Supadio Pontianak adalah cuaca.

” Faktor yang menjadi kendala pada saat penerbangan adalah cuaca seperti contoh pembersihan dilapangan landasan pesawat yang harus dijaga dengan baik, agar pesawat yang mendarat bisa tetap aman ketika mendaratkan pesawatnya,” ujar dia saat dijumpai diruangannya pada Senin (15/5/2017) pagi.

Dirinya menerangkan, dalam mengantisipasi kemungkinan – kemungkinan yang tidak diinginkan saat cuaca buruk terjadi, pihaknya bekerjasama dengan BMKG Supadio Pontianak untuk memberikan informasi terkait dengan cuaca.

“Data-data tersebut nantinya akan diserahkan kepada insan penerbagan, nantinya informasi tersebut akan diterima oleh bagian tower. Dan yang memberikan informasi tentang boleh atau tidaknya pesawat mendarat tipe diputuskan oleh bagian tower,” terang dia.

Hal yang dilakukan oleh pihak Bandara dalam mengantisipasi cuaca buruk adalah menjaga landasan tetap aman saat pesawat akan mendarat.

“Mulai dari mengecek Runwaynya, sampai dengan menjaga kekesatan landasa agar tetap kering ketika pesawat akan mendarat. Seperti itulah hal-hal yang kami lakukan agar pendaratan pesawat tetap aman ketika mendarat,” tutup dia.

(Viky)

Foto Zulbrito Radikar, Manager Operasi dan Service / Viky / POSTKOTAPONTIANAK.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *