Imlek, Pemadam Kebakaran Di Siagakan

BENGKAYANG-PostKota Pontianak.com

Panitia perayaan tahun baru imlek 2566 dan Cap Go Meh 2015 Bengkayang mulai melakukan persiapan kegiatan antisipasi kebakaran. Tim anggota Badan Pemadam Kebakaran dan seluruh personil dikerahkan nantinya dalam kegiatan yang di pusatkan di Gedung Pancasila Kabupaten Bengkayang.

“Anggota kita akan bersiaga 24 Jam. Perlengkapan dan mobil sudah siap pakai guna mengantisipasi kebakaran,” ucap Ketua Harian BPKB Cin Kie Shu, Jumat (13/2).

 Kendaraan pemadam siap pakai 24 Jam.(antony)

Kendaraan pemadam siap pakai 24 Jam.(antony)

Dia mengatakan yayasan PBKB baru memeliki dua mobil pemadam kebakaran. Yakni dua mesin pemadam kebakaran khusus milik BPKB yang selalu digunakan untuk meredam api dilapangan.

Ia menjelaskan sejarah berdirinya BPKB sudah lama. Semenjak kebakaran pertama dan terbesar di Pusat Pasar Bengkayang tahun ’90an. Akibatnya belasan rumah ludes terbakar dilahap si jago merah.

“Awalnya BPKB ini berdiri semenjak kebakaran pertama. Pada saat kejadian itu kami mendapatkan sumbangan satu mobil tanki dan mesin pemadam dari Barito Fasific. Ini diberikan oleh Prajogo Pangestu,” ungkapnya.

Ditempat bersamaan Anggota BPKB Alex menambahkan jumlah mobil pemadam di Kabupaten Bengkayang sudah mencukupi untuk memadamkan kebakaran. Ini dikarenakan ada dukung dari beberapa pemadam kebakaran swasta dan pemadam milik pemerintah daerah.

“Mobil pemadam kebakaran sudah mencukupi. Semua kendaraan pemadam juga siap pakai 24 Jam. Apabila terjadinya kebakaran,” terang dia.

Alex menjelaskan selain jumlah mobil dan mesin pemadam milik BKBP. Pemadam swasta milik tunas mandiri berjumlah tiga mobil pemadam, Diary dua mobil pemadam dan satu mobil tanki pemadam milik pemerintah daerah.

Dia menuturkan selain beberapa unit mobil kebakaran sudah dilengkapi. Pihaknya juga memiliki anggota pemadam kebakaran. Khusus BPKB berjumlah lima puluh personil dan siap diterjunkan kelapangan.

“Tim kami sudah terlatih. Hampir setiap bulan dua kali anggota pemadam kabaran melakukan latihan fisik dan mental. Serta latihan penyemprotan, gulung selang dan memompa air,” ungkap dia, sambil menujukan mobil tenki pemadam 100TS yang terparkir di Sekretariat BPKB Jalan Migang Pusat Pasar Bengkayang. (Antony PKP)