Imlek 2567 Dirayakan Penuh Kesederhanaan

Foto : Lukman/Postkotapontianak.com
Foto : Lukman/Postkotapontianak.com

SAMBAS-PostKotaPontianak.com ! Tahun Baru Imlek  2567  akan jatuh pada tanggal 8 Februari 2016 kelak akan dirayakan secara  sederhana. Hal ini mengingat kondisi  perekonomian di negeri ini masih belum stabil dan cenderung fluktuati,” ujar Bui Khiong anggota DPRD Sambas kepada PostkotaPontianak.com saat ditemui di kediamannya akhir pekan kemarin.

Daya beli masyarakat saat ini masih rendah. “Pelaku usaha perdagangan mengaku sepi. Harga komoditi pertanian dan perkebunan juga belum berpihak pada petani. Kelapa sawit misalnya hanya dipatok  Rp.700,-per kilonya,” ungkap dia. Sedangkan untuk tanaman jeruk tambah anggota DPRD asal Sempelai ini,  masyarakat baru mulai mencoba menanam meski masih trauma oleh peristiwa lalu. “

Saya prediksi Imlek tahun ini khususnya di Sambas agak sepi, mengingat warga Tionghoa asal Sambas yang bekerja di luar daerah mengurungkan niatnya untuk pulang. Sedih juga mendengarnya karena tidak dapat bersilaturahmi dikampung halaman,” tutur  Bui Khiong.

Hal serupa juga diakui Yosef Lay warga RT 28/14 Desa Tebas Kuala yang bekerja di Jakarta. Yosef mengaku sedih tidak bisa pulang kampung. “Imlek tahun ini tidak bisa pulang bang, usaha di Jakarta agak sepi,” ujarnya ketika dihubungi via seluler.

Sementara itu terpisah Vinsensius alias Asen pemilik Toko Asesoris Keperluan Sembahyang dan Imlek ini juga membenarkan pembeli tahun ini agak sepi. “Pembeli lebih memilih asesoris yang murah, dengan kisaran harga belasan hingga ratusan ribu saja,” ujar Asen didampingi istrinya saat ditemui di tokonya Jalan Raya Tebas.

Adapun asesoris yang banyak diminati yaitu amplop Ang Paw, bunga bunga serta jimat keberuntungan serta peralatan sembahyang. “Mereka lebih mengutamakan membeli yang wajib wajib saja seperti tempelan dan gantungan lambang keberuntungan, yang bermakna kemakmuran, kedamaian,kesejahteraan, sebab bagi masyarakat Tionghoa mereka lebih menginginkan kedamaian,kesejahteraan, dan persaudaraan,” imbuh dia./ Lux-PKP


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *