Hujan Semalaman,7 Desa di Nanga Taman ” Banjir”

POSTKOTA PONTIANAK.COM
Banjir Nanga Taman-yhySEKADAU-Banjir Bandang kembali terjadi di tiga kecamatan arah selatan Sekadau.Beberapa Desa dan Dusun di Kecamatan, Nanga Taman di informasikan tergenang bajir dengan ketinggian air 0,5 sampai dengan 1,5 meter sejak Rabu (11/2/2015) pagi.

Kepala Badan Penangulangan Bencana Daearah (BPBD) Kabupaten Sekadau melalui Edi Prasetyo S.Sos, Plt. Kabid penanggulangan Bencana membenarkan kejadian ini.

“Ya terjadi banjir, yang terparah saat ini di Kecamatan Nanga Taman,untuk sementara,” ujar Edi di ujung telfon.

Berdasarkan keterangan masyarakat di lokasi. banjir, terjadi sejak pukul pukul 09.00 sampai dengan Rabu Sore, yang disebapkan hujan yang turun sejak Selasa 10 Februari 2015 malam.

berdasarkan pendataan pihak BPBD sementara, beberapa Desa dan Dusun yang terparah di genangi air adalah,Kec.Nanga Taman dengan titik air, di Desa Nanga Kiungkang.Dusun Kiungkang dan Dusun Kumpang, Desa Sungai Lawak. Dusun Sui.Lawak, Dusun.Senangak. Desa Senangak, Desa Nanga Koman, Dusun Koman I dan II, Desa Nanga Mongko. Dusun Nanga Mongko, Desa Senangak, Dusun Senangak.

“Untuk korban jiwa sementara tidak ada laporan,hanya dipastikan korban maretial, saat ini yang sudah terdata pasti di Dusun Kiungkang sebanyak  320 jiwa, 70 kk yang tergenang air,” tukas Edi.

BPBD bersama muspika masih melakukan pendataan jumlah KK dan Jiiwa Korban banjir bandang ini. Meski demikian sudah dilakukan upaya efakuasi dari Mupika dari masing-masing kecamatan dan Petugas BPBD Kabupaten Sekadau.

“Warga masih belum mau mengungsi dengan alasan keamanan harta benda di dalam rumah, jadi mereka membuat rumah panggung untuk menghindari genangan air,” papar dia menjelaskan.

Yang dikwatirkan adalah terus terjadinya hujan di tiga kecamatan ini,hingga ketinggian air akan semakin naik dan memperparah kondisi.

Camat Nanga Taman,Afronius Akim Sehan S.Sos M.Si, melalui pesan singkatnya mengatakan banjir di Kecamatan Nanga Taman terjadi Desa-desa yang berada di pinggir Sungai  yang bersumber dari sungai Sekadau seperti Desa,Nanga koman, Nanga Mongko, Nanga Taman dan Desa Metukak , Nanga, Kiungkang  Senangak. “Kerugian belum kita ketahui secara pasti,” tukasnya.

Sementara itu, Camat Nanga Mahap Hermanto S.Sos M.Si di komfirmasi via hand phone mengakui Rabu pagi beberapa titik rendah di Ibu kota Kecamatan Nanga Mahap sempat tergenang air.

“Di kawasan  pasar mahap dengan ketinggian air 20cm, meski demikian jelang siang sampai pada sore ini air kembali surut,” ujar Camat Hermanto.

Selain itu,beberapa titik dataran rendah di jalan antar Desa atau antar kecamatan juga  sempat tergenang air meski demikian tidak menyebapkan kelumpuhan transportasi. “Jangan saja hujan malam ini,bisa meluap sungai di sini,” tukasnya.  Sampai berita ini di turunkan,masih belum ada informasi lanjutan mengenai kondisi banjir di tiga kecamatan ini.(Yahya)