Hujan Disertai Angin Puting Beliung, Rusak Rumah Warga dan Pohon Tumbang

POSTKOTAPONTIANAK.COM

PINTIANAK — Kembali terjadi bencana alam Hujan Deras yang disertai Angin Puting Beliung melanda di wilayah hukum Polsek Pontianak Utara.

Kejadian itu sekira pukul 17.40 wib, dalam sekejap selama kurang lebih 30 menit meluluh lantahkan perumahan warga, pohon tumbang dan kabel listrik yang rusak, sehingga listrik putus dan tidak menyala.

Kapolsek Pontianak Utara melalui Iptu. Hamdani Kasi Humas Polsek Pontianak Utara Polresta Pontianak Kota mengatakan dengan dampak kejadian bencana alam hujan deras disertai angin puting beliung ini mengakibatkan kerusakan rumah warga dan pepohanan di ruas jalan tumbang hingga patah berjatuhan di tengah jalan sehingga menghambat tranportasi di wilayah kecamatan pontianak utara.

“Kami juga merasakan yang dialami pada saat itu, dengan sigap dan tanggap berkoordinasi dengan personel anggota polsek Pontianak Utara, bhabinkamtibmas, Koramil 1207-1 B/S Pontianak Utara, Babinsa, dan Pemadam Kebakaran, membuka sarana komunikasi dengan menerima informasi dari warga masyarakat di wilayah hukum Polsek Pontianak Utara melalui via Handphone dari warga,” ucapnya.

“Melakukan patroli dengan menggunakan roda empat, pengamanan tanggap darurat bencana sekiranya terjadi kemacetan dan hambatan di ruas jalan protokol di kecamatan pontianak utara,” jelasnya.

Hasil dari pengamanan dalam bentuk patroli, ada beberapa lokasi yang terdampak bencana angin puting beliung, antara lain Dampak kerusakan rumah warga di perumahan komplek pemakaman kesultanan batulayang di Rt. 001, Rt.002, Rt.003 /Rw.016., gang Beringin 1 Rt.001/Rw.009, gang Akrab Dalam Rt.004/Rw.008, dan rumah di jalan protokol Khatulistiwa ada ratusan rumah warga mengalami kerusakan atap rumah diterjang angin puting beliung, sedang rumah yang rusak berat di gang flora ada 20 Kepala Keluarga, kelurahan batulayang kecamatan pontianak utara.

Lanjutnya adapun dampak pohon tumbang sehingga akses jalan tertutup terjadi di Depan Mako Dit Polairud Polda Kalbar, Depan Tugu Khatulistiwa, depan penimbangan, dan depan PT. Baja Sarana.

“Akibat dari bencana angin puting beliung ini mengakibatkan atap rumah warga rusak, bahkan ada 1 rumah warga yang rusak total, selain itu juga pohon tumbang dan dahan pohon patah sehingga menutup akses jalan protokol dan kabel aliran listrik di tepi ruas jalan serta perumahan dan gang warga ada yang rusak sehingga dilakukan pemadaman sementara dari pihak PLN,” ucapnya.

“Dengan kejadian tersebut, Polsek Pontianak Utara bersama Koramil 1207-1 B/S Pontianak Utara, Damkar RPKSH Siantan Hulu, dan warga sekitar melakukan tindakan preventip dengan melakukan pendataan kerusakan rumah warga, mengatur lalulintas ruas jalan, dan membersihkan pohan yang menutup akses jalan tersebut,” jelasnya.

“Dengan adanya bencana angin puting beliung itu kerugian yang diderita berbentuk metriil yang sangat besar karena belum bisa diperhitungkan dan tidak ada korban jiwa,” jelasnya.(GN/DN-PKP).


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *