Himpunan Ahli Teknik Tanah Indonesia (HATTI) Adakan Seminar Nasional

PONTIANAK ! POSTKOTAPONTIANAK.COM –Wakil Walikota Pontianak, Ir H Rusdi Eddy Kamtono MM. MT, mengatakan bahwa Seminar ini Nasional ini sangat penting karena pembangunan di kota Pontianak sedang giat giatnya.

Hal tersebut disampaikan Wakil Walikota Pontianak ini pada acara Seminar yang digelar di Mercure Hotel, Rabu 8/3/2017.

Selama 24 tahun mengurusi bidang kontruksi di Pontianak ia belum mendapatkan formula yang pas, efektif dan efisien. Dana yang kurang menjadi masalah, sehingga biasanya mengurangi kualitas. Misalnya penurapan di pasar puring. Jebol karena tidak ada kekuatan. Kontruksi coba coba hanya pake logika dan kira kira.

Pondasi kantor POM atau eks Korem 121 ABW dengan kontruksi kayu belian karena sudah tua jika ada kendaraan lewat maka bangunan bergoyang. Alhamdulillah terbakar habis dan sekarang masih utuh pondasinya.

Karena konsultan dari Jakarta tidak paham dengan kontur tanah pontianak. Alhasil gedung BNI 46 miring dan gedung BCA dibongkar habis.

Eksperimen dalam pembangunan Mesjid Mujahidin pun pernah dilakukan. Cari cerucuk susah jadi sekarang dibuat dengan beton.

Pembangunan rumah di Lahan gambut, dengan rekayasa konstruksi dengan karung pasir juga kadang membuat rumah jadi miring. Biaya membangun dilahan gambut ini sangat mahal.

Kasus lain seperti pada pembangunan turap. Apalagi sekarang Pontianak lagi giat giatnya mengadakan pembangunan turap disepanjng parit parit dan sungai.

Sementara itu Pendiri HATTI Pusat Ir H Soekrisno Rammelan MSc IPU, mengatakan bahwa bulan lalu pihaknya telah berkunjung ke Komda HATTI Jogya dan Jateng untuk membuat event. Dan dibulan November akan membuat pertemuan atau seminar untuk ahli Bioteknik tingkat Internasional.

Dalam kasus dimana prelouding tidak bisa digunalan maka dibuatlah rekayasa, yang belum bisa digunakan prelouding pada gambut.

Ia mengapresiasi Komda HATTI Kalbar. Karena setiap tahun komda Kalbar selalu mengadakan Seminar Nasional.

Baskoro Effendi yang merupakan Senior di bidang kontruksi dan teknik yang hadir memberikan sambutan mengatakan bahwa ia kini menjadi ketua LPJK. Ia memang bergelut dibidang kontruksi dan teknik. Ia mengatakan Tidak ada permasalahan antara LPJK dengan Gubernur Kalbar.

Menjadi praktisi konstruksi, sudah banyak yang dikerjakan Baskoro. Berbagai Proyek telah dibangunnya. Ia terus berkarya dan berharap agar HATTI terus berkarya juga untuk Indonesia.(Try)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *