Herindra: Kita Amalkan Ilmu Puasa Saat Mudik

Pramuka Bantu Lancarkan Arus Mudik Lebaran

Adhyaksa Dault
Adhyaksa Dault

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! JAKARTA-Setiap tahun dalam menyambut Idul Fitri. Kwarnas Gerakan Pramuka menyelenggarakan Aksi Pramuka Peduli Lebaran  di terminal, stasiun, pelabuhan, bandara di seluruh Indonesia pada H-7 sampai H+7. Tahun ini, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Adhyaksa Dault mencanangkan Karya Bakti Pramuka Peduli Lebaran 1436 H, di Stasiun Kereta Api Senen Jakarta pada Minggu Sore  (12/7), dihadiri 214 anggota Pramuka dari lima Kwarcab di DKI Jakarta.

Menurut Adhyaksa Dault, rela menolong sudah menjadi kebiasaan Pramuka dari generasi ke generasi, kita juga telah memerintahkan jajaran Kwartir seluruh Indonesia untuk membantu masyarakat saat mudik. Adhyaksa Dault berpesan “dua hal saja yang kita harapkan saat mudik, disiplin dan peduli, disiplin memudahkan urusan kita, peduli memudahkan urusan orang lain. Kalau ada makanan berlebih di kendaraan kita, jangan sungkan berbagi dengan pemudik yang lain”, Pungkasnya.

Bantu Lancarkan Arus Mudik Lebaran
Bantu Lancarkan Arus Mudik Lebaran

Pentingnya kepedulian terhadap sesama juga ditekankan Brigjen TNI. M.Herindra (Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Abdimasgana). Dalam sambutannya, Herindra mengatakan bahwa menjadi relawan itu membahagiakan orang lain. “Tujuan utama puasa adalah agar kita peduli sesama, nah di saat mudik ini kita praktekan, kita amalkan ilmu puasa saat mudik”, ucapnya bersemangat.

Hadir juga dalam pencanangan kegiatan ini; Oya Santika (Wakil Kepala Stasiun Kereta Api Pasar Senen), Yudi Suyoto (Sekjend Kwarnas Gerakan Pramuka), Editha Rahaded (Waka Kwarnas Bidang bina muda) , Rangga Wisnu, Sukro Muhab, Fahri Makassau, Aris Yudha, Haryono, Jhoni Mardizal, Brata Triyana, Ahmad Mardiyanto, Hariqo Wibawa Satria dan artis Olivia Zalianty serta Firman (Waka Abdimasgamana Kwarda DKI).

Sementara itu Kurnia Bhakti, ketua panitia menjelaskan Karya Bakti Pramuka Peduli Lebaran tahun ini mengambil tema  “Pramuka Tanggap dan Peduli Terhadap Permasalahan Yang Ada di Masyarakat”. Pelaksanaannya mengikutsertakan Kwartir-kwartir, Gudep-gudep dengan berkoordinasi dan bersinergi dengan Satuan Karya (SAKA) serta berkoordinasi bersama Pemerintah Daerah/ Instansi dan bergabung dengan posko-posko mudik di wilayah setempat. “Kami melakukan ini semua dengan gembira, itulah Pramuka”, Ungkap Kurnia Bhakti yang juga andalan nasional Kwarnas Gerakan Pramuka ini./*


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *