Heri Maturida Menilai, Banyak Kekurangan Fasilitas UNBK

SINTANG- Ribuan siswa tingkat SMP belum bisa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Sintang. Totalnya ada 1.768 dari 7.268 peserta. Selebihnya, 5.500 siswa terpaksa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Akibatnya, ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Sintang belum bisa terlaksana maksimal. Kekurangan fasilitas penunjang menjadi pokok persoalanya. Bukan hanya jenjang SMA/sederajat, tapi juga tingkat SMP.

Ketua Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Herimaturida, menyarankan agar pemerintah saling bersinergi untuk memenuhi kebutuhan perangkat penunjang UNBK. Baik pemerintah daerah, provinsi maupun pusat.,ujarnya 14 April 2018.

“Tentu masih ada kekurangan fasilitas pada pelaksanaan UNBK. Kedepannya tentu diaharapkan jadi pekerjaan khusus supaya dari lebih banyak sekolah yang mandiri,” katanya.

Sejumlah kekurangan sarana pendukung pada dunia pendidikan dinilai Heri bisa dianggarkan melalui APBD. Namun, kata dia, tidak semuanya bisa terakomodir.

“Dari kominfo sekarang melakukan komunikasi inten supaya pusat dapat memberikan kesempatan supaya ada beberapa titik yang kurang signal itu mendapatkan tower sehingga UNBK dapat berjalan dengan baik tertutama perbatasan,” tukasnya. (red)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *