Heboh Telur Palsu di Kab. Mempawah, Ini Tips dari Disperindagnaker

Kasi Metorologi, pengawasan dan perlindungan konsumen, Disperindagnaker Mempawah,Hendri Kurniawan./ ar1

( MEMPAWAH ) – Berita beredarnya telur palsu telah membuat resah sebagian besar masyarakat di Indonesia, terlebih telah beredar juga video – video di dunia maya yang mana terdapat beberpaa masyarakat melakukan pembuktian terhadap telur palsu.

Kasi Metorologi, pengawasan dan perlindungan konsumen, Disperindagnaker Mempawah,Hendri Kurniawan mengatakan bahwa pihaknya dalam sebulan terakhir telah mendapatkan tiga kali laporan perihal telur palsu yang beredar, namun semua nihil.

“Dari laporan masyarakat kita langsung tindak lanjuti, ternyata hasilnya nihil. Apa yang mereka bawa kesini sebagai barang bukti ,ternyta itu tidak terbukti setelah kita teliti, yang pertama itu telur sejuk yang dikenal orang sini, kalau untuk bikin kue itu bantat,”ungkapnya.

Iapun mengungkapkan bahwa ada juga masyarakat yang melapor dengan mengatakan terdapat perbedaan membran telur yang ia temukan.

“Terus yang kedua, dugaan mereka membran telurnya ini tebal, maka dari itu kita lakukan pengujian, kita bakar, kalau telur asli terbakarnya lama, kalau yang tidak asli akan cepat terbakar, karena menurut informasi yang palsu ini kan dari bahan plastik,” tuturnya.

Hendri mengatakan, bahwa bila terdapat masyarakat yang masih belum puas dengan uji manual yang dilakukan pihaknya, maka ia akan menyerahkan pengetesan ke pihak Provinsi untuk dilakukan pengetesan lebih lanjut.

Dirinya juga memaparkan beberapa cara untuk membedakan telur palsu dan asli . “Yang pertama apabila telur dipecah, telur asli tetap bau amis, kemudian apabila telur asli begitu kita tekan sendok, dan kita aduk akan cepat menyatu, kalau telur palsu tidak, kemudian kita lakuakn lagi dengen menguji dengan masukan air, kalau yang asli akan keruh, kalau yang palsu tetap bening dia,” paparnya.

“Kita dapat uji dengan masukan air, kalau yang paslu dia tetap bening,Kalau digoreng, telur asli pinggirannya akan ada perubahan warna, tapi kalau telur palsu dia akan tetap putih, tidak ada perubahan warna,” tambahnya./ar1-LN/rls.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *