Harga Sembako Melambung , Dewan Desak Pemkab Rote Dao Turun Tangan

ROTE NDAO ! POSTKOTAPONTIANAK.COM – Harga Sembako di sejumlah Padar di Kabupaten Rote Ndao kian melambung. Kondisi seperti ini sudah semestinya Pemkab Rote Ndao segera ambil langkah untuk membantu masyarakat. “Kenaikan harga sembako ini membuat rakyat kecil makin  susah. Maka segera lakukan  operasi di setiap Pasar-pasar di Kabupaten Rote Ndao,” tegas Anggota DPRD  Rote Ndao, Alfed Saudila kepada PostkotaPontianak.com.

Tujuan dilakukan operasi pasar ini menurut Komisi A ini untuk menurunkan dan menstabilkan kembali harga beras yang semakin tidak terkendali. “Jika dari Disperindag diam saja maka harga beras tambah mencekik dan bakal tidak dijangkau oleh masyarakat kecil di rote ndao.”Tegas Saudila.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Fraksi Partai PKB, Anwar Kaih kepada awak media ini, Sabtu (30/1). Pemerintah jelasnya, harus peka terhadap situasi pasar yang menjual sembako karena harga di pasaran semakin mencekik dan tidak terjangkau masyarakat. “Pekan lalu harga beras yang dijual di toko-toko mencapai Rp 12.000 per kg. Saat ini mengalami kenaikan lagi hingga Rp 12.500/kg hingga Rp13.500/kg,” terang Kiah.

Kecenderungan kenaikan harga beras di pasaran harus direspon oleh  pemerintah dalam hal ini Disperindag. Apapun alasannya pemerintah harus segera melakukan intervensi untuk menormalkan kembali harga pasaran beras di lapangan. “Jika normal masyarakat dapat membeli beras seharga Rp 1 Mok 2000/atau per kg dan paling naik Rp 10.000/kg,” jelas Kiah. Oleh karenanya operasi pasar adalah jalan terbaik. Agar harga beras bisa turun dan bisa dibeli oleh masyarakat khususnya masyarakat miskin.

Sikap yang sama juga diutarakan oleh Helmi Tolla dari Komisi C DPRD. “Cuaca yang kurang menentu ini bisa memicu kerawanan pangan. Jadi Pemkab mesti mempersiapkan diri dengan menambah stok beras agar siap untuk mengendalikan harga dipasaran,” jelasnya./ Dance Henukh – NTT


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *