Hardoyo Minta, ADD dikelola Dengan Baik

SINTANG-Anggota DPRD Sintang Hardoyo mengingatkan agar Kepala Desa serta perangkatnya bisa mempergunakan Anggaran Dana Desa dengan bijak dan lebih selektif, dalam menentukan program prioritas. Hal ini menurutnya, agar pengelolaan keuangan Dana Desa bisa tepat sasaran dan benar-benar bisa mendukung kepentingan masyarakat luas,ujarnya kepada media ini (19/2)lalu.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPRD Sintang Jerfray Edward mengingatkan para Kepala Desa mengelola dana Desa dengan baik. Perencanaan pembangunan agar dibuat dengan melibatkan semua pemangku kepentingan di Desa. Agar program dilaksanakan berjalan dengan baik dan tepat sasaran. “Dana Desa yang dikelola harus dilaksanakan  sebaik-baiknya karena sudah ikut Bintek, dan punya pedoman.

 

Menurut Jefray perangkat Desa diharap mempunyai visi sama memajukan Desa. Sinegrisitas antara pemerintahan Desa dan Badan Pengawasan Desa (BPD) harus terbangun dengan baik. Kekompakan keduanya sangat penting pembangunan di Desa. Sehingga saling melengkapi. “semua pihak baik pemerintah Desa dan BPD harus kompak dan bekerja sama sebaik-baiknya, dalam proses Pemerintahan Desa, pelaksanaan dana Desa serta pelaksanaan pembangunan Desa,” kata Jefray. Jefray juga mengigatkan kepada Kades dan BPD jangan terlambat mengkomunikasikan terkait usulan pembangunan. “jangan sampai sudah ketuk palu baru ada mengusulkan,” katanya.

 

Karena menurut Jefray APBD Kabupaten Sintang tahun 2018 sebesar 1,8 triliun, bukan semuanya digunakan untuk pembangunan. Sebab juga terbagi untuk gaji pegawai dan biaya rutin. Maka, penentuan pos anggaran memerlukan perencanaan sebelum ditetapkan. Termasuk, lanjutannya usulan pembangunan dari masyarakat.(red)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *