Gunakan IT Untuk Promosi Produk UKMKM

Postkotapontianak.com

Ir I Wayan Dipta Deputi Bidang Produksi Dan Pemasaran Kementerian Koperasi Dan UKM mengatakan bahwa problem problem KUMKM di Indonesia terutama yang baru berdiri adalah tidak mengetahui pasarnya dimana dan tidak semua yang melek Teknologi.

Dengan berkembangnya zaman, penggunaan Informasi Teknologi (IT) saat ini sudah menjadi keharusan. Zaman yang serba digital dimana Internet dan media sosial kian menjamur sangat baik digunakan untuk media promosi.

Saat ini pengguna smartphone melonjak drastis. Jumlah smartphone bisa lebih banyak dari jumlah orang dalam satu keluarga. Anak anak yang lebih melek Teknologi pun sudah bisa mengambil peluang dengan promosi di media sosial seperti FB dan WA.

Hal tersebut seperti dilakukan salah satu putra I Wayan Dipta yang masih bersekolah. Menjual T-Shirt via Media Sosial Face Book dan Whats Apps.

I Wayan Dipta menambahkan bahwa potensi untuk membangun UKM Mart cukup tinggi. Strateginya mereka punya toko sendiri misalnya SMESco Mart, UKMart dan Toko Koperasi. Mereka bisa menjual produknya di Toko tersebut.

Pengalaman kita di Jatim, kata Dipta, koperasi punya 5 toko dengan omzet 45 Milyar pertahun. Dengan adanya toko pemasaran jadi lebih mudah.

Di Kalbar sendiri ada 10 UKM Mart diantaranya seperti yang terdapat di Kota Pontianak, KKR, Sintang dan Sambas. Perkembangannya juga cukup baik.

Dengan adanya UKM Mart bisa juga menjual produk dari pabrikan besar seperti Unilever. ” Dan dari kajian saya, koperasi yang besar itu banyak bergerak dibidang riteil seperti di Singapura dengan NTUCnya.” kata Dipta.

Nation Trade Union Conggres di Singapura mempunyai 180 HyperMart, 50 MiniMart dan 50 SPBU. Koperasi begitu besar di Singapura karena 63 persen rakyat Singapura adalah anggota koperasi.

Di Indonesia sendiri baru sekitar 10 persenan masyarakat yang tergabung dalam koperasi. Baru sekitar 30 Juta masyarakat yang merupakan anggota Koperasi.

Potensi Koperasi begitu luar biasa. Seperti terlihat di Inggris, Jerman, Francis, Amerika. Mereka besar dibidang riteil, pertanian dan asuransi. Karena disana Asuransi wajib. Tidak heran bila Koperasi Asuransinya berkembang pesat.

Sementara itu Kepala Dinas UMKM Provinsi Kalbar, Ir Marsianus Sy yang ditemui postkotapontianak.com beberapa waktu lalu mengatakan bahwa ada 14 koperasi Kalbar yang masuk dalam 100 koperasi terbaik se Indonesia. Rangkingnya pun cukup membanggakan.

Ke 14 Koperasi itu adalah CU Lantang Tipo, CU Pancur Lasih, CU Kiling Kumang, Ketulistum Bakti, Bima Sintang, Semarong, Tilung Jaya Putusibau, Bona Ventura Singkawang, Usaha Kita Sekadau, Banuri Harapan Kita Sanggau, Tri Tipang Kasih Putusibau, Pancur Solidaritas Ketapang, Semandang Jaya Ketapang dan Canega Antun Ketapang. (Try)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *