Gowes Bareng Danrem 121/ABW dan Dandim 1201/MPH, Ciptakan Edukasi Menuju Adaptasi Kehidupan Baru

POSTKOTAPONTIANAK.COM

SINTANG KALBAR – – Sehat bugar selalu menjadi motto bagi Dandim 1201/MPH Letkol.Inf. Dwi Agung Prihanto, S.Sos., Kamis (06/08/2020), pukul 06.00 wib pagi, kayuhan putaran roda sepeda angin miliknya mengitari kota Kelam Sintang.

Giat Gowes menjadi rutininitas dilakukannya, kali ini bersama Danrem 121/ABW Brigjend.TNI. Ronny S.A.P., mengitari kota Kelam Sintang beserta rombongan, dimulai dari Korem 121/ABW, menempuh jarak 3 KM.

Gowes bareng dilakukan upaya edukasi Dandim 1201/MPH kepada anggota nantinya, dengan Gowes bisa merasakan keindahan kota Kelam Sintang terpampang, disertai aliran Sungai Kapuas mengalir, dengan segarnya udara di pagi hari, sehingga terlena dan kayuhan roda angin terhenti di lapangan terbang Bandara Susilo kota Sintang jalan MT. Haryono.

“Dengan gowes akan membuat sehat badan kita, selain itu juga olahraga yang paling mudah, murah dan meriah, selain itu salah satu cara terbaik mengurangi risiko masalah kesehatan dan dapat dinikmati oleh orang-orang dari segala usia,” jelas Dandim.

Lanjutnya, dengan bersepeda melindungi diri dari penyakit serius seperti obesitas, penyakit jantung, kanker, penyakit mental, diabetes, dan radang sendi. Manfaat bersepeda: mengedalikan berat badan, mengurangi resiko penyakit jantung dan pembuluh darah, mengurangi resiko penyakit kanker, mengurangi resiko penyakit diabetes, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi otot tubuh, mengurangi stress.

Kegiatan lain juga dilakukan, dengan melakukan penghijauan yaitu menanam pohon Petai sekitar lapangan terbang Bandara Susilo, hal ini dilakukan salah satu bentuk peran manusia dalam menjaga lingkungan.

Selain memberikan kesan segar dan memperindah pemandangan di tempat-tempat umum, penghijauan ini juga memberikan banyak manfaat bagi lingkungan dan mengatasi polusi yang banyak dihasilkan di jalan raya, dan memberikan suplai oksigen bagi manusia.

Disinggung tentang Covid 19, Dandim 1201/MPH. Letkol.Inf. Dwi Agung Prihanto, S.Sos., menuturkan, kegiatan gowes ini satu dari banyak cara agar tetap menjaga kesehatan, terlebih lagi di masa pandemi Covid-19. Saat pandemi covid-19 kita harus tetap menjaga kesehatan maupun imunitas kita, terlebih lagi kita dalam setiap beraktivitas protokol kesehatan.

“Covid-19 berhasil mengubah kebiasaan kita sehari-hari baik di rumah, sekolah, tempat kerja, jalan, dan dimanapun, seakan tak berdaya sebab gerak langkah kita dibatasi dengan adanya Covid-19, sehingga membuat kita tidak produktif yang berdampak pada masalah ekonomi keluarga, masyarakat, daerah dan negara,” ucap Dandim.

“Kehidupan kita sudah pasti berubah untuk mengatasi risiko wabah ini, Itulah yang oleh banyak orang disebut sebagai New Normal atau tatanan kehidupan baru. ” .

Dengan adaptasi kebiasaan baru dihimbau sering cuci tangan pakai sabun, pakai masker saat keluar rumah, jaga jarak saat dikeramaian,istirahat cukup dan rajin olahraga, makan makanan bergizi seimbang. hal tersebut yang harus dilakukan secara disiplin, baik secara individu maupun kolektif agar tujuan yang dimaksud dapat tercapai.(Guns).


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *