Gebyar 1000 Vaksin, BINDA Kalbar Bekerjasama Dengan MABM dan Pemda Mempawah Berjalan Sukses Aman Lancar

___________________________________________

 

( Foto dok Mempawah News/ Ist )

MEMPAWAH – Gebyar 1000 vaksin Badan Intelijen Daerah (BINDA) Kalbar bekerjasama dengan Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) dan Pemerintah Kabupaten Mempawah di Rumah Budaya Melayu (RBM) Mempawah, Kamis (18/11/2021) pagi berlangsung sukses. Ratusan masyarakat Mempawah antusias mendapatkan sontek ‘kebal’.

“Pemerintah Kabupaten Mempawah mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada BINDA Kalbar dan MABM Kabupaten Mempawah yang telah melaksanakan kegiatan vaksinasi massal di Mempawah,” kata Muhammad Pagi membuka kegiatan vaksinasi.

Wabup mengungkapkan, per 16 November 2021 capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Mempawah berada di urutan ke-12 dari 14 kabupaten dan kota di Kalbar. Sementara itu, target vaksin di Kabupaten Mempawah sebesar 217 ribu jiwa.
“Sampai hari ini jumlah masyarakat yang telah di vaksin sebanyak 94 ribu lebih dengan rata-rata 31,34 persen,” paparnya.

 

BACAAN LAINNYA

Gelar Gebyar Vaksinasi TNI-AD, Koramil Toho di Dukung Tim Nakes Kodim Mempawah

Ini Pesan Kadiskes Sanggau, Waspada Penyakit Paska Banjir

Burhanudin: Tiga Hal yang Perlu Di Lakukan Bangsa Indonesia Agar Bebas Korupsi

 

Karena itu, Wabup menyebut Satgas Covid-19 Kabupaten Mempawah telah melakukan evaluasi kerja. Dari 9 kecamatan, Wabup mengatakan ada tiga kecamatan dengan capaian vaksinasi terendah.

“Yakni, Kecamatan Mempawah Hilir, Sungai Pinyuh dan Jongkat. Sehingga, Bupati mengintruksikan satgas agar fokus melakukan vaksinasi di 3 kecamatan ini,” beber Wabup.

Sementara itu, Ketua MABM Kabupaten Mempawah, Ria Mulyadi menjelaskan, gebyar 1000 vaksin tersebut terlaksana berkat kerjasama MABM dengan BINDA Kalbar dan Pemerintah Kabupaten Mempawah.

“Terima kasih kepada BINDA Kalbar Pos Mempawah, Pemerintah Kabupaten Mempawah dan pihak terkait lainnya yang telah mendukung kegiatan ini hingga berjalan dengan baik dan lancar,” ucapnya.

Menurut Ria Mulyadi yang juga Ketua DPRD Mempawah itu, vaksin merupakan program pemerintah yang harus didukung seluruh stakeholder. Karenanya, dia minta agar masyarakat tidak takut dengan vaksin.

“Vaksin ini untuk menciptakan kekebalan tubuh dari ancaman virus corona. Kalau dilihat secara nyata, banyak masyarakat yang tidak percaya dengan virus corona. Namun, ini sudah terbukti dan nyata dengan banyaknya kasus penularan bahkan tak sedikit yang meninggal dunia,” sebutnya.

Kabag Ops BINDA Kalbar, Letkol Kav Dodi Syamsurizal, SH berharap Satgas Covid-19 di Kabupaten Mempawah dapat melaksanakan vaksinasi door to door khusus bagi lanjut usia (lansia). Tujuannya, agar percepatan program vaksinasi di masyarakat bisa tercapai.

“Kemarin, kami telah melaksanakan vaksinasi door to door di Kabupaten Sambas. Vaksin rumah ke rumah ini sangat strategis dan membantu pelayanan bagi lansia,” kata Dodi.

Dodi menilai, pola door to door juga dapat diterapkan Satgas Covid-19 Kabupaten Mempawah. Agar, tercipta mendekatkan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat khususnya mereka yang berhalangan datang ke lokasi-lokasi vaksin massal.

 

“Kadang sudah kita datangi dan dilakukan pemeriksaan, lansia ini belum tentu bisa di vaksin. Makanya, butuh kesabaran dan keihklasan para nakes dan satgas untuk bekerja maksimal melayani masyarakat,” tuturnya.

Dia berharap gebyar 1000 vaksin yang dilaksanakan BINDA Kalbar bekerjasama dengan MABM dan Pemda Mempawah berjalan dengan sukses, aman dan lancar. Sehingga, hasil pelaksanaan vaksin dapat berkontribusi untuk meningkatkan capaian sasaran vaksin di Kabupaten Mempawah.

 

“Saat ini, capaian vaksin di Mempawah masih kurang. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini semakin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi mensukseskan program vaksinasi,” pungkasnya.

Terdata sebanyak 421 orang berpartisipasi dalam kegiatan vaksinasi tersebut. Suasana dilokasi vaksinasi sangat meriah dengan hiburan musik melayu dan pembagian ratusan door prize. Rencananya gebyar 1000 vaksin BINDA Kalbar dan MABM akan berlanjut hingga Jumat (19/11/2021)./*

HA


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.