Galakkan Siskamling, Babinsa Koramil 1011-18/Bawan Serap Aspirasi Warganya

Kuala Kapuas – Babinsa Koramil 1011-18/Bawan Serda Suhari menggalakan kembali Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) atau ronda malam guna menjaga keamanan dan meningkatkan rasa kebersamaan antar warga di lingkungan Desa Ramang, Kecamatan Banama Tingang, Kabupaten Pulang Pisau.

Hal ini disampaikan Komandan Kodim 1011/Kuala Kapuas, Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, S.I.P., di Makodim 1011/Klk pada hari ini. Dandim 1011/Klk mengatakan, Babinsa Koramil 1011-18/Bawan Serda Suhari selalu aktif memantau dan mengunjungi warganya yang melakukan ronda malam, dalam rangka untuk menciptakan keamanan di wilayahnya.

“Melalui Siskamling Babinsa dapat menyerap langsung aspirasi dari warga selain itu juga sarana untuk memupuk jiwa kebersamaan dan kekompakan antar warga,” ujar Dandim 1011/Klk.

Menurut Dandim 1011Klk selain untuk memastikan ronda berjalan baik, melalui hal tersebut Babinsa juga bisa berbaur bersama warga dan berdiskusi guna dapat secara cepat mengetahui apa perkembangan situasi yang ada diwilayah binaan.

“Langkah ini sangat efektif untuk pelaksanaan Pembinaan Teritorial serta mengetahui keadaan warga yang sesungguhnya,” ucap Dandim 1011/Klk.

Dandim 1011/Klk meminta pada masyarakat untuk tetap kompak menjaga kondusivitas di lingkungannya masing-masing. Warga diharapkan tidak mudah terprovokasi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab yang memecah belah persatuan.

Sedangkan Jhon (37) salah satu masyarakat Ramang yang juga ikut dalam kegiatan ronda malam menyampaikan terimakasih kepada Babinsa yang turut serta menjaga wilayahnya. Katanya juga, adanya ronda malam bisa mempersempit atau memperkecil kesempatan kalau ada orang yang berniat menganggu keamanan Desa Ramang dan kalau ada kejadian cepat bisa sampai ke warga yang lain yang lagi istirahat.

“Warga merasa terlindungi karna adanya Babinsa yang ikut berjaga,” ujar Jhon.

Untuk diketahui, pelaksanaan jaga malam di Desa Ramang dimulai pada pukul 22.00 WIB, dilanjutkan membangunkan sahur pada pukul 03.00 WIB sampai dengan pukul 04.00 WIB, ini semua dilaksanakan untuk menjaga kekompakan serta untuk menjalin kerja sama antar warga dan juga kerja sama aparat desa guna mengantisipasi ancaman keamanan serta ketertiban di Desa Ramang. (Pendam XII/Tpr)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *