Gajah di Depan Mata

PostKota Pontianak.com

nilah-kondisi-Rumah-Dusun-Pelaik-Kandang-Desa-Sebente-Kecamatan-Teriak-Kabupaten-Bengkayang.
Inilah-kondisi-Rumah-Dusun-Pelaik-Kandang-Desa-Sebente-Kecamatan-Teriak-Kabupaten-Bengkayang.

Sebelum ke kampus UNU, singgah sebentar sarapan bubur ayam di Jalan Johar. Warungnya kecil di pinggir jalan. Rasanya masih kalah jauh dengan Bubur Bandung langganan saya di Jalan Panglima Aim. Sambil makan bubur, sedikit mikir apa mau ditulis.

Oh iya, tadi malam dapat kirim foto dari mantan anak didik saya, Mujidi AZ, seorang jurnalis ternama di Bengkayang. Dia kirim foto yang membuat saya tersentak. Foto yang dikirim memperlihat seorang janda, tinggal sendiri dalam gubuk persis seperti kandang ayam.

Nama janda itu Sindi (50), warga Dusun Pelaik Kandang Desa Sebente, Kecamatan Teriak Kabupaten Bengkayang. Sudah dua tahun ia menderita sakit ginjal. Perutnya membesar. Tubuhnya tinggal tulang. Jalan tidak mampu bahkan berdiripun harus dibantu.

janda-itu-Sindi-50
janda-itu-Sindi-50

Saya benar-benar terharu. Ternyata di negeri kita ini ada orang-orang super menderita. Kalau anda merasa susah ada yang lebih susah lagi. Khusus untuk kawan-kawan jurnalis ayo kita bantu ibu Sindi, sebarkan informasi ini. Siapa tahu ada orang yang bergelimang harta mau menyisihkan sedikit saja hartanya. Gajah di depan mata tak kelihatan. Semut nun jauh di Jawa jelas terlihat.(Ros)