Eks Gafatar Tujuan Semarang Dipulangkan Pakai KRI

Kondisi terakhir Gafatar saat akan devakuasi ke daerah masing-masing. foto : Devi L
Kondisi terakhir eks Gafatar saat akan devakuasi ke daerah masing-masing. /foto : Devi L

Reporter : Devi Lahendra

Pontianak ! PostKotaPontianak.com — Melalui pelabuhan Dwikora Pontianak, Kalimantan Barat gelombang hari kedua pemulangan pengungsi eks Gafatar ke daerah tujuan Semarang dievakuasi dengan menggunakan KRI Teluk Gilimanuk, setelah dihari sebelumnya dilakukan pemulangan dengan menggunakan jalur udara sebanyak 1.192 orang.

Sebanyak 3 bis milik Kodam XII Tanjungpura dan 3 bis miliki Polda Kalbar, masuk ke pelabuhan sekitar pukul 09.00 membawa sebanyak 355 jiwa warga eks Gafatar yang dipulangkan ke daerah mereka masing-masing.

Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Agung Risdhianto melalui Kapendam Kolonel Inf Mukhlis mengatakan jumlah pemulangan sudah mencapai angka hampir 1.500 orang, dengan menggunakan skenario jalur udara dan jalur laut.

“Jadi pagi ini kembali dipulangkan warga eks Gafatar yang berasal dari daerah Semarang, yang mana dibantu oleh TNI Angkatan Laut dengan menggunakan Kapal Perang yang dikirim langsung dari Jakarta, ” ucap Mukhlis pada sejumlah wartawan, Sabtu (23/1/16).

Menurut Mukhlis, hingga saat ini masih tersisa ratusan pengungsi eks Gafatar yang ditampung oleh Kodam XII Tanjungpura, pasalnya masih dilakukan pendataan terutama pengungsi yang berada di Penampungan Kompi B 643 Kodam XII Tanjungpura.

“Kita bersyukur keterlibatan semua pihak dalam menangani persoalan pengungsi eks Gafatar ini sangat cepat, terutama dari pihak Pemerintah Provinsi Kalbar yang memfasilitasi para pengungsi dipenampungan hingga pemulangan, dari kita Kodam XII Tanjungpura sebatas pengamanan serta mempersiapkan lokasi, ” tukas Mukhlis./*


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *