FPK Sekadau Gelar Rapat Kerja

Setelah dibentuk beberapa waktu lalu. Forum Pembauran Kesukuan (FPK) Kabupaten Sekadau mulai mengatur program kerja.Selasa (24/2/2015), para tokoh di kepengurusan FPK melakukan rapat kerja yang di pasilitasi Setda Kesbang Pol Kabupaten Sekadau.

SEKADAU – Tema Giat, Melalui rapat kerja Forum Pembauran Kebangsaan kita ciptakan suasana aman,damai dan kondusif di Kabupaten Sekadau.

Rapat keraj FKP Kab. Sekadau.(yahya pkp)
Rapat keraj FKP Kab. Sekadau.(yahya pkp)

Kepala Bidang Kesbang Pol,H.Nasution dalam laporanya mengatakan tujuan kegiatan untuk mewujudkan pembauran kebangsaan guna memperkokoh intgritas Nasional serta menegakan kedaulatan Negara Indonesia.

“Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Sekadau kiranya mampu membuat rumusan-rumusan yang dapat mempermudah dan mempercepat terwujudnya pembautan kebangsaan di Kab.Sekadau secara khusus dan di Indonesia secara umum,” ujar Nasution.

Dikatakan Nasution, Forum Pembauran Kesukuan harus mampu menjaring aspirasi masyarakat di bidang pembauran kebangsaan, menyelengarakan forum dialog dengan pimpinan organisasi pembauran kebangsaan, pemuka adat, suku dan masyarakat.

“Merumuskan rekomendasi kepada Bupati/Wali kota sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan ke bijakan pembauran kebangsaan.” tukasnya.

Sementara itu,Kepala Badan Kesbang Pol Pemdes melalui Sekretarisnya, Sapius Akui menegaskan bahwsanya  FPK merupakan forum baru yang masih butuh banyak masukan dan pemikiran-pemikiran.Meski demikian pada dasarnya dasar-dasar kehidupan rukun dalam kesukuan,agama dan ras sudah terbentuk di diri masing-masing.

“Kehadiran FPK sebagai pembulatan untuk pemersatu dan pembulatan
kesamaan visi misi,” ujar Sapius.

Dikatakan Sapius, bangsa dibentuk berdasarkan kesamaan nasib untuk menuju masa depan. di masa saat ini dalam masa pembangunan. Meski demikian di masa penjajahan persatuan antar suku,ras dan bangsa dalam satu tujuan untuk kemerdekaan bangsa.sedangkan dalam masa pembangunan ini,dilatar belakangi berbagai kepentingan pribadi,kelompok dan golongan yang rawan akan benturan kepentingan dan konflik sosial.

” Di Sekadau selama ini keharmonisan antar suku,etnis di Kabupaten Sekadau selalu terjaga,hal ini ditunjukan dalam keterlibatan semua individual dari berbagai etnis,suku dan ras dalam kegiatan-kegiatan besar ke sukuan lainya,” papar dia.

Dijelaskan  Sapius peran fungsi,FPK adalah sarana Komunikasi dan sarana penyerapan informasi dan fasilitasi dalam konflik ke sukuan, ras dan agama.

Sementara itu,Pembina FPK Kab.Sekadau dalam press rilisnya mengatakan, pembauran kebangsaan diperlukan sebagai upaya pembinaan karakter dan jati diri bangsa guna meningkatkan kualitas kebangsaan sehingga bangsa indonesia mampu mengatasi berbagai permasalahan kebangsaan yang dihadapi termasuk ancaman disintegritas bangsa.

Sitwasi politik dan ekonomi yang tidak stabil maka pembentukan mental dan karakter sejak dini perlu dibina serta di tingkatkan.

Masyarakat ingin membaur disebapkan adanya keinginan akan rasa damai di lingkungan yang multi etnis,sikap toleranasi sangat dibutuhkan agar dapat melanjutkan kedihudupan yang terintegritas disebapkan, adanya kesepakatan sebagaian besar anggotanya terhadap nilai-nilai sosial tertentu yang bersifat fundamental.sebagaian besar anggotanya terhimpun dalam berbagai unit sosial sekaligus lazim disebut cross cuting affiliations.

Kesadaran akan Negara yang memiliki kedaulatan dan integrasi melekat pada kemampuan segenap unsut yang ada pada negera tersebut untuk dimanfaatkan segenap potensi yang ada untuk menghadap segala bentuk ancaman,ganguan,baik dari dalam maupun luar yang membahayakan integritas,identitas dan kelangsungan hidup.(Yahya)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *