Felisa di Rujuk ke Rumah Sakit di Pontianak

(NGABANG), POSTKOTAPONTIANAK. COM-Felisa, 6 warga Dusun Entobo Desa Permit Kecamatan Kuala Behe Kabupaten Landak yang menderita penyakit kulit, akhirnya dirujuk ke salah satu rumah sakit di Pontianak,Selasa (16/1). Bocah perempuan tersebut sebelumnya sempat dibawa ke RSUD Landak dan dirujuk lagi ke rumah sakit di Pontianak. Felisapun sempat mendapat kunjungan dari Bupati Landak, Karolin Margret Natasa.

Sebelumnya, keluarga Felisa sempat menduga jika bocah perempuan itu terkena penyakit kusta.

“Berdasarkan diagnosa sementara dokter di Puskesmas Kuala Behe dan dokter ahli kulit RSUD Landak, Felisa terkena penyakit Psoriasis atau penyakit kulit. Penyakit itu memang tidak menular,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Landak, Nurainy Sitinjak melalui Kabid Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK), Sri Wahyuni yang dihubungi di kantornya,Rabu (17/1).

Menurutnya, Felisa sudah menderita penyakit itu sejak tiga tahun yang lalu.

“Pihak keluargapun sudah beberapa kali berobat ke RSUD Landak. Namun, dikarenakan dulunya di RSUD Landak belum memiliki dokter spesialis penyakit kulit, akhirnya penyakit yang dialami Felisa hanya mendapatkan pengobatan biasa saja. Akhirnya, penyakit yang diderita Felisa itupun belum kunjung sembuh juga,” terangnya.

Ditambahkan Yuni, Felisa memang memiliki kartu BPJS. Namun kendala yang dihadapi orangtua Felisa yakni masalah biaya.

“Khususnya biaya untuk menunggu pasien. Tapi kebetulan di Pemkab Landak selama tiga tahun berturut-turut ini ada Jamkesda dan pendampingan. Artinya, kalau memang ada pasien asal Landak yang harus dirujuk ke rumah sakit luar Provinsi, Dinas Kesehatan Landak siap memfasilitasinya,” kata Yuni.

Ia mengatakan, kalaupun misalnya Felisa harus dirujuk ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, Dinkes Landak siap mengantarkannya.

“Apalagi Dinas Kesehatan Landak sendiri memang sudah ada MoU dengan RSCM Jakarta,” jelasnya.(rel/dz)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *