Entry Briefing Komandan Pangkalan Utama TNI AL XII Pontianak Kepada Seluruh Prajurit Lantamal XII dan Yonmarhanlan XII

POSTKOTAPONTIANAK.COM

PONTIANAK : TNI AL – Lantamal XII Pontianak : Komandan Pangkalan Utama TNI AL XII Pontianak, Laksamana Pertama TNI Suharto, bersama ibu Ketua Korcab XII DJA I Ny. Reni Elvianti Suharto, Rabu (02/02/2022), pukul 09.00 WIB disambut seluruh Pejabat Utama Lantamal XII, Para Asisten Danlantamal, Kadis, Kasatker, Danyonmarhanlan, Danlanal Ketapang dan seluruh prajurit Lantamal XII serta “Prajurit Jaguar Yudha Khatulistiwa” Yonmarhanlan XII, dalam rangka Apel Khusus serta Entry Briefing di Mako Lantamal XII Jl. Wajok Hilir KM.17 Mempawah Kalbar.

Kedatangan Komandan Lantamal XII dan Ketua Korcab XII DJA I, disambut dengan jajar seluruh prajurit, serta jajar kehormatan tradisi khas TNI AL (Palrif), kemudian laporan situasi oleh Dandenma Lantamal XII. Sebelum melewati jajar kehormatan Danlantaml XII dan Ketua Korcab DJA I, disambut dengan ucara adat Bugis, Melayu dan Dayak, kemudian pengalungan bunga oleh Wadan Lantamal XII Kolonel Laut (P) Suhendro, S.AP., M.Si (Han), bersama ibu serta pengalungan kain syal khas Kalimantan Barat.

 

ERMIN ELVIANI, SH, Ketua DPD Partai Demokrat Kalimantan Barat & Ketua Fraksi Demokrat DPRD Provinsi Kalimantan Barat MENGUCAPKAN SELAMAT TAHUN BARU IMLEK dan CAP GO MEH 2573

 

Adapun rangkaian Entry Briefing didahului dengan Doa, sebagai ungkapan rasa syukur, karena masih diberikan kesehatan dan kekuatan oleh Tuhan Yang Maha Esa, serta memohon petunjukNya agar acara Entry Briefing Danlantamal XII diberikan keberkahan.

Entry Briefing didahului dengan ucapan selamat datang di Mako Lantamal XII dan kemudian memperkenalkan seluruh Pejabat Utama Lantamal XII, mulai dari Para Asisten Danlantamal, Kadis dan Kasatker jajaran Lantamal XII, kepada Pejabat Baru Komandan Lantamal XII, oleh Wadan Lantamal XII, Kolonel Laut (P) Suhendro, dan menyampaikan siap menerima perintah dan melaksanakan tugas dari Danlantamal.

Kota Pontianak, atau Kalimantan Barat bukan merupakan kota yang asing bagi saya, karena sewaktu menjabat sebagai Komandan KRI, beberapa kali melakukan bekal ulang di Pontianak, serta ketika melanjutkan Kuliah S2 UNHAN, melakukan penelitian di wilayah Kalimantan Barat. “Demikian ujar Laksamana Pertama TNI Suharto”

Peribahasa mengatakan ‘Tak Kenal, Maka Tak Sayang”, selanjutnya Laksamana Pertama TNI Suharto mengenalkan diri dengan membacakan “Curiculum Vitae” baik tentang pendidikan umum, pendidikan militer, dan penugasan baik didalam negeri maupun luar negeri, serta keluarga beliau. Begitu lengkap beliau menerangkan “Tour Of Duty and Tour Of Area” hingga menjabat sebagai Danlantamal XII.

Hal yang menarik yang disampaikan Danlantamal XII bahwa tugas Pokok Lantamal XII, adalah sebagai Unsur Pelayan, sehingga jika ada kapal perang yang masuk dan sandar di Pelabuhan Pontianak, Komandan Lantamal jika tidak ada tugas khusus, berkewajiban untuk ikut Meerplug, (Meerplug – istilah di TNI AL dalam menjemput kedatangan serta keberangkatan KRI di suatu pangkalan –Red), Walaupun Komandan KRI berpangkat lebih rendah, namun kedatangan KRI tersebut disuatu pangkalan, jangan dilihat dari siapa komandannya, tetapi Esensinya, yaitu KRI sebagai symbol Panglima, demikian juga kalau KRI tersebut melakukan muhibah ke negara lain, artinya KRI tersebut merupakan symbol Negara. Selain itu memiliki nilai kebanggaan bagi Komandan KRI ”Demikian tegas Danlantamal XII”

Mengakhiri Entry Briefing terhadap seluruh prajurit Lantamal XII, Danlantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto memberikan beberapa penekanan antara lain: Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME, sebagai landasan moral dalam pelaksanaan tugas, dan menjaga jati diri sebagai prajurit dengan tetap memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, DelapanWajib TNI dan Trisila TNI Angkatan Laut, dan melaksanakan setiap tugas dengan penuh rasa tanggungjawab dan terus tingkatkan profesionalisme serta kesiap siagaan dengan tetap mengutamakan zero accident.

Selain itu menjaga jaga diri dan keluarga dari keterlibatan terhadap tindakan-tindakan yang melanggar hukum, menjalin soliditas dan sinergitas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara dalam setiap pelaksanaan tugas, dan menjaga serta pertahankan kondisi fisik masing-masing individu maupun keluarga, dan berperan aktif menjadi contoh dalam mengajak masyarakat secara sadar untuk berdisiplin menerapkan protokol kesehatan covid-19 secara ketat, serta tidak memberikan ruang untuk membuat kesalahan, dan terus menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut “ Demikan Pungkas Danlantamal XII”. Sumber DisPen Lantamal XII.

 

Publish Udin Subari.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.