Eksodus Pengungsi Eks Gafatar Di Bekangdam Terus Bertambah

Reporter : Devi Lahendra

KUBU RAYA  ! POSTKOTAPONTIANAK.com — Sebanyak 1.000 lebih warga eks Gafatar yang ditampung di

Eks Gafatar Yang Diungsikan Sementara Di Bekangdam. /foto : Devi Lahendra
Eks Gafatar Yang Diungsikan Sementara Di Bekangdam. /foto : Devi Lahendra

Bekangdam XII Tanjungpura, setelah terjadi pengusiran dibeberapa kabupaten yang ada di wilayah Kalimantan Barat, masih menunggu kepastian akan nasib mereka setelah di tempat pengungsian.

Jumlah pengungsi terbesar hingga saat ini masih didominasi warga eks Gafatar dari Kabupaten Mempawah yang mengalami penolakan serta pengusiran oleh masyarakat setempat yang tidak menginginkan daerah mereka dimasuki oleh warga eks Gafatar.

Hingga Rabu (20/1/16) siang jumlah pengungsi dipenampungan sementara kemungkinan akan terus bertambah, jika terjadi eksodus dari beberapa kabupaten yang juga mengalami penolakan, namun hingga kini mereka masih ditampung ditempat yang aman oleh pemerintah setempat, seperti di Kabupaten Sintang serta Kabupaten Kayong Utara.

Berdasarkan hasil pantauan “Postkotapontianak.com” di lokasi penampungan, para pengungsi eks Gafatar kini difasilitasi oleh Kodam XII Tanjungpura serta ditangani khusus oleh Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat.

Pemeriksaan kesehatan juga dilakukan oleh Kesdam XII Tanjungpura yang menurunkan tim dokter yang siap bertugas melayani selama 24 jam. Terlihat dari pantauan tidak sedikit para pengungsi yang melakukan pemeriksaan kesehatan, terutama balita./*

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *