Dukung Kodam, Hubdam XII/Tpr Gelar Sarana Komunikasi di Perbatasan

Pontianak, Kamis (19/9/19) – Dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat tentang tugas pokok satuan jajaran Kodam, Kepala Perhubungan Kodam (Kahubdam) XII/Tanjungpura, Kolonel Chb Monang Convert Napitupulu, S.T., M.M., diwakili Kepala Bengkel Perhubungan Hubdam XII/Tpr, Mayor Chb Ahmad Dadang melaksanakan dialog interaktif Derap TNI di LPP RRI Pontianak, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pontianak.

Dalam dialognya Mayor Chb Ahmad Dadang menyampaikan, salah satu tugas pokok dari Hubdam XII/Tpr dalam mendukung Kodam XII/Tpr adalah menggelar sarana komunikasi di wilayah perbatasan. Adapun yang dilakukan adalah dengan menggelar sarana komunikasi ganda, baik siskomops dan siskomsus, dengan menggunakan frekuensi tertentu dan jaring komunikasi terbuka serta membuat time skeed. Jaring komunikasi dapat dilaksanakan secara terus menerus diawali dari Koopsdam XIll/Tpr, Kolakopsrem 121/Abw, dan Satgas Pamtas.

“Selain itu juga melaksanakan koordinasi dan menyusun sistem radio bersama antara TNI-TDM dan mengajukan sumber tenaga listrik atau menggelar PLTS dengan mengutamakan pos-pos yang belum memiliki sumber tenaga untuk sarana komunikasi,” katanya.

Disampaikan juga, adapun sistem komunikasi yang digelar di perbatasan menggunakan sistem Repeater Link, dimana antara Repeater Link saling berhubungan atau terkoneksi serta menggunakan sistem Trunking yaitu dengan menggelar beberapa BTS dalam satu frekuensi kerja yang
dikendalikan oleh Core atau Server. Dengan menggunakan Radio HF dengan sistem Point To Point antar pos, Satgas Pamtas, Kolakopsrem 121/Abw dan Koopsdam XII/Tpr serta Satgas lainnya.

Adapun alat komunikasi yang sudah digelar antara lain Repeater Link Simulcast (Motorolla GP338, GM338), BTS Integrated Survaillance And Monitoring Sistem (Huawei model EP681) serta Radio HF SSB (Vertex System 600, Vertex System 1700 dan Micom 2 ES), terangnya.

Kepala Bengkel Perhubungan Hubdam XII/Tpr, Mayor Chb Ahmad Dadang menambahkan, dalam rangka optimalisasi penggunaan sarana komunikasi dan koordinasi di daerah perbatasan, terdepan, terluar dan tertinggal Mabes TNI dalam hal ini Kodam XII/Tpr telah bekerja sama dengan Kemkominfo dengan menggelar perangkat Alkom Ubigu Sinyalku di sepanjang perbatasan wilayah Kodam XII/Tpr. (Pendam XII/Tpr)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *