Dugaan Pecemaran Lingkungan : Diminta Instansi Terkait Turun Kelapangan, Jika Ditemukan Limbah Tindak Tegas

PONTIANAK-Keyamanan warga Pontianak utara Jalan Kebangkitan Nasional kelurahan batu layang kecamatan Pontianak Utara terusik. Pasalnya, Menyeruaknya kabar dugaan pencemaran lingkungan akibat aktifitas PT.MAL FEL.Tbk, yang menhadi pennyebabnya.

Kuat dugaan, limbah perusahaan yang bergerak dibidang penetasan Uangas itu disinyalir telah merusak aliran parit yang berada Di jalan Kebangkitan Nasional Kecamatan Pontianak Utara – Pontianak Kalbar.

Limbah tersebut ,dikhawatirkan akan mengundang penyakit dari air limbah yang mengalir ke parit tersebut,Rabu(11/03/2020).

Sumber informasi yang dihimpun dilapangan, Salah satu santri yang engan menyebutkan namanya mengatakan air terbut sudah lama kotor akan tetapi untuk baunya agak kurang tapi jika sudah hujan airnya menjadi Bau.

Saat beberapa awak media dan LSM melakukan kroscek kelapangan di temukan beberapa titik saluran pembuangan limbah perusahaan tersebut yang mana pembuangan tersebut mengalir parit permukiman warga terlihat beberapa warga sedang mandi parit yang diduga di cemari limbah.

Untuk lebih mengetahui terkait limbah tersebut, awak media berusaha melakukan konfirmasi ke pihak perusahaan yang bertanggung jawab di perusahaan PT. MF, tbk, tersebut, serta melapor ke petugas jaga/keamanan. Dari Pihak keamanan mengatakan pimpinan/manager perusahaan tersebut tidak bersedia ditemui dengan alasan sibuk bekerja dan saat dikonfirmasi melalui pesan whatsapp manager perusahan tersebut justru memblokir no awak media tampa memberi jawaban.

Terpisah Anggota DPRD Kota Pontianak, komisi 1,fraksi Gerindra,dapil Pontianak Utara ,Yogi perdana Putra,Mengatakan sejauh ini belum ada keluhan dari masyarakat terkait perusahaan tersebut dan jika benar kenyataannya saya berharap perusahan tersebut segera menutup saluran limbah perusahaannya agar tidak mencemari parit. Kita ketahui bahwa mana parit tersebut masih di gunakan sebagian masyarakat untuk mandi, khusunya masyarakat jalan Kebangkitan Nasional,nanti jika terbukti jika terbukti limbah tersebut mencemari parit kita akan panggil, ucapnya.

Sementara itu Ketua Kalimantan Elektoral Kommission, Edi Ashari,S.H saya sangat prihatin atas apa yang di keluhkan oleh warga pontianak utara tersebut,aktifitas limbah perusahaan PT.MFL.Tbk,yang mana di khawatirkan akan menimbulkan penyakit kulit atau gatal-gatal.

Lanjut Edi meminta kepada instansi terkait untuk turun kelapangan dan menindak tegas atas aktifitas perusahan tersebut serta mempertanyakan legal standing dari kegiatan perusahan tersebut serta meminta dinas lingkungan hidup(DLH) untuk melakukan uji labolatorium,tegasnya.

Informasi yang dirangkum, perusahan yang juga bergerak di bagian pembibitan uanggas diduga telah membuang limbah ke parit yang berada di pemukiman warga. Akibatnya, bau menyengat dan kotor membuat warga yang menggunakan air tersebut hanya bisa pasrah./*ril-hn/tim.

Ket foto dok hn.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *