Diskominfo Dan BPS ll Sintang Gelar Konferensi Pers Dengan Awak

www.postkotapontianak.com SINTANG Tanggal 12/02/2020 Kegiatan konferensi pers yang  disampaikan Terobosan baru dalam pelaksanaan Sensus Penduduk Tahun 2020 Kabupaten Sintang, secara khusus Sensus Penduduk Online (SPO) .
Beberapa Manfaat Sensus Penduduk Online (SPO), ini di antaranya adalah Pertama Dapat Di lakukan Kapan Saja Secara Mandiri Selama Priode Pelaksanaan SPO.
Kedua Literasi Masyarakat Terhadap pengunaan teknelogi informasi yang semakin baik.
Ketiga Menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang arti penting data, dimulai dari informasi pribadi.

Priode Sensus Penduduk Online ini sendiri di mulai dari 15 Februari s/d 31 Maret 2020. Sementara untuk masyarakat yang tidak terdata secara online di priode tersebut nantinya akan di kunjungi secara langsung oleh BPS pada 01 juli s/d 31 juli /satu bulan, guna mendata secara langsung atau sensus penduduk wawancara.

Cara mengisi Sensus Penduduk Online ini sendiri dapat Dilakukan Dengan sangat Mudah dapat di lakukan dengan Perangkat Cerdas Hanphone Ataupun Tablet Maupun Laptop, dengan Cara klik laman Resmi sensus.bps.go.id Dan Lakukan Login, selanjutnya dapat mengisi pertanyaan kependudukan dan perumahan Yang Di tanyakan Dengan Data lengkap, dan tahab terakhir anda dapat Mengunduh Bukti setelah berpartisipasi pada sensus penduduk online pada tampilan Laman terakhir.

Saat Acara Kadiskomimfo Kurniawan,S.sos meminta kepada awak media sebagai mitra Diskominfo guna secara bersama-sama meberikan informasi kepada masyarakat kabupaten Sintang guna memahami dan juga mengisi data Penduduk secara Online.
“Datanya akan akurat manakala sensus berjalan dengan baik” ungkap Kurniawan
kurniawan juga menghimbau agar awak media turut menginformasikan secara luas tentang tata cara melakukan sensus penduduk secara online.
Di kesempatan tersebut juga Kurniawan menyampaikan Dari 417 desa di kabupaten Sintang baru ada 180 desa yang punya sinyal, dan pihak Diskominfo Sendiri terus mendorong agar Pemerintah dapat memenuhi Kebutuhan Masyarakat Dalam Hal Penggunaan Internet dan juga dapat memperlancar juga sensus penduduk online ini.

Sementara itu Saat di tanya tentang Kemampuan Pihak BPS sendiri dalam menyelesaikan Sensus Wawancara Selama Satu Bulan , Kepala BPS Mohchamad Surdi mengatakan Selalu Optimis berdasarkan Data Dan Pengalaman Yang sudah, Beliau mengatakan optimis Akan Tercapai, untuk petugas Pendata sendiri Beliau mengatakan Akan Berjumblah 700 petugas yang nantinya akan secara terpisah datang langsung ke desa-desa di kabupaten Sintang yang terdiri dari petugas rekrutmen dari kecamatan yang akan di lakukan pelatihan di tingkat kecamatan.

Tak lupa Ia menghimbau selama periode Sensus penduduk secara online ini untuk berpartisipasi dalam mengisi data diri di karenakan sangat mudah mengisinya, selama menggunakan Handphone  dan terhubung dengan sinyal internet beliau mengatakan dalam Satu Keluarga Bisa Satu  Anggota keluarga mengisi secara keseluruhan data dalam keluarga tersebut.

Beliau juga menekankan bahwa sensus penduduk ini bersipat rahasia dan di larang di bantu pengisian data oleh tetangga maupun warga lain selain keluarga, karena Data diri merupakan data yang bersipat rahasia, beliau juga berpesan jika memang tidak bisa mengisi secara online dan tidak ada perangkat yang memadai tidak di perbolehkan meminjam perangkat orang lain selain anggota keluarga, dan di himbau untuk menunggu kedatangan petugas pendata yang bisa mengisikan data.

Untuk rahasia data yang di terima oleh pihak pendata sendiri Beliau menekankan bahwa petugas sudah di arahkan dan di sumpah janji dalam menjalankan tugas,sehingga terjamin rahasia dan keamanan data penduduk.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *