Dinas Perindagnaker Buka Posko Pengaduan THR

POSTKOTAPONTIANAK.COM

MEMPAWAH  – Peraturan Menteri Ketenaga Kerjaan Nomor 6 tahun 2016,  pasal 5 ayat (3) dan ayat (4), dan pasal 1 angka 2 menyebutkan, kewajiban pembayaran THR diberikan pada tujuh hari sebelum (H-7) hari raya keagamaan masing-masing karyawan.

Kepala Bidang Tenaga Kerja Disperindagnaker Mempawah, Ya’ Helmizar,SH/*foto Ist/PKP.

Namun, bagi karyawan yang belum mendapatkan THR dari perusahaan ditempatnya bekerja hingga batas waktu yang telah ditetapkan, tidak perlu khawatir. Sebab, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Tenaga Kerja (Perindagnaker) telah membuka posko pengaduan THR. Minggu (17/05/2020) di Mempawah.

“Kami sudah membuka posko pengaduan THR. Jika ada karyawan yang belum menerima THR hingga H-7 Idul Fitri nanti, silahkan laporkan ke sini (posko THR),” terang Kepala Bidang Tenaga Kerja, Ya’ Helmizar, SH,. Ya’ Helmizar menjelaskan, pengaduan THR bisa disampaikan secara langsung ke posko yang beralamat di Kantor Disperindagnaker, Jalan Raden Kusno Mempawah. Atau, pelapor bisa menyampaikan aduanya melalui telepon.
“Bagi pelapor yang tidak dapat datang ke posko, silahkan menyampaikan aduan melalui Hp +6282155561636 atas nama Harlinda, SH. Setiap laporan yang masuk, pasti kami tindaklanjuti sesuai prosedur dan mekanisme yang ada,” tegasnya.

Saat ini, Ya’ Helmizar mengaku pihaknya belum mendapatkan laporan atau pengaduan terkait pembayaran THR. Sebab, saat ini belum masuk batas waktu pembayaran THR sebagaimana telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Ketenagaan Kerja Nomor 6 tahun 2016.

“Biasanya banyak pelapor yang menyampaikan pengaduannya melalui telepon. Dan setiap laporan yang kami tindaklanjuti langsung di respon oleh perusahaan dengan membayarkan hak karyawannya. Mudah-mudahan, tahun ini tidak ada permasalahan THR,” harapnya mengakhiri.(De’res)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *