Dinas Cipta Karya Kapuas Hulu 2 Milyar Anggarkan 13 Jambatan Gantung

PKP-KAPUAS HULU, Pada tahun anggaran 2015, Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kapuas Hulu telah menganggarkan sebesar Rp. 2.197.645.000 untuk 13 penyelesaian pembangunan dan rehab jembatan gantung. Dimana Sejumlah jembatan gantung yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu perlu perhatian khusus bahkan ada beberapa jembatan gantung yang memerlukan penanganan yang mendesak.

Nusantara Gawat Kadis Cipta Karya dan Tata Ruang  Kapuas Hulu.(timo)
Nusantara Gawat Kadis Cipta Karya dan Tata Ruang Kapuas Hulu.(timo)

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Kapuas Hulu, Nusantara Gawat, S. Sos MM menjelaskan bahwa dari 13 jembatan gantung yang dianggarkan tahun ini, tiga jembatan gantung yang akan direhab. Sementara sisanya melanjutkan pengerjaan pada tahun 2014 yang belum selesai.

” Selama ini memang terbentur keterbatasan dana, sehingga kami tentukan berdasarkan skala prioritas, terutama yang cukup ramai penggunanya, memang banyak masyarakat yang menginginkan agar di wilayahnya dibangun jembatan gantung, baik itu akses ke kebun, kelahan pertanian bahkan akses menuju sekolah,namun kembali lagi dengan dana yang terbatas,”tuturnya.

Khusus jembatan gantung, Gawat berharap tahun 2020 pekerjaan harus sudah tuntas. Oleh sebab itu untuk saat ini tidak ada pembangunan baru, pihaknya hanya melakukan rehab dan penyelesaian pembangunan jembatan gantung tahun sebelumnya.

“Perbaikan jembatan gantung yang dimaksud,  bersifat darurat dan mendesak serta tidak banyak  membutuhkan dana. Karena kalau dananya besar harus diproyekkan,rata-rata untuk membangun jembatan gantung baru membutuhkan dana sekitar Rp 900 juta, itupun tergantung dengan panjang bentangnya,”ungkapnya.

Sebenarnya, kata Gawat Desa bisa saja memperbaiki sendiri jika ada jembatan gantung yang mengalami kerusakan kecil. Baik itu menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) maupun Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM). ” Tidak semua perehaban itu harus menunggu dari Pemerintah Daerah tetapi melalui sumber dana lain juga bisa seperti ADD dan PNPM, sepanjang itu tidak bertentangan dengan aturan,”pungkasnya. (Timo)