Dihari HANI Pemkot dan BNN Deklarasi Milenial Sehat Tanpa Narkoba

KOTA DEPOK – Pemerintah Kota Depok bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Depok menggelar acara Peringatan Hari Anti Narkotika Internastional (HANI) Tahun 2019 Tingkat Kota Depok. Acara tersebut dihadiri Wali Kota Depok Mohammad Idris, Ketua BNN Kota Depok, AKBP Rusli Lubis. Kapolresta Depok Kombes Pol Didik Sugiarto, serta Tokoh Masyarakat dan Pemuda se-Kota Depok. Rabu (26/6/2019), di Aula Baleka 2 Balai Kota Depok, Jawa Barat.

Sementara itu, Wali Kota Depok, Mohammad Idris menerangkan, bahwa Pemkot memberikan perhatian khusus terhadap maraknya penyalahgunaan narkoba di kalangan milenial Kota Depok.

“Artinya, dengan perhatian itu juga didukung dengan Peraturan Daerah (Perda) yang mempersempit ruang bagi peredaran barang haram tersebut. Jadi,
upaya pemerintah dalam melindungi milenial adalah dengan perda. Misalnya, Perda Ketahanan Keluarga, Perda Kota Layak Anak, Perda Pendidikan sekaligus menguatkan penegak perda yaitu Satpol PP,” ujar Idris, kepada pewarta, Rabu (26/6/2019), usai acara HANI, di aula lantai 10 Balai Kota Depok, Jawa Barat.

Dia menjelaskan, bahwa regulasi telah dibuat untuk selanjutnya dapat direalisasikan. Misalnya saja, Perda Ketahanan Keluarga di mana keluarga menjadi lingkungan terbaik dalam upaya pencegahan narkoba. Jadi, keluarga berfungsi sebagai unit kecil dalam masyarakat, karena keluarga merupakan wadah utama dalam proses sosialisasi anak menuju kepribadian yang lebih baik.

“Artinya, keluarga adalah benteng utama yang dapat mencegah anak-anak dari masalah narkoba. Selain itu, rumah tangga adalah sumber kebahagiaan dan kita harus menjaga anak kita sendiri. Karena dalam kasus narkoba misalnya, bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Keikutsertaan masyarakat sangat penting,” jelas Idris.

Idris menambahkan, bahwa selain regulasi, Pemkot Depok juga telah berupaya menyiapkan fasilitas publik untuk para milenial. Seperti dengan membangun taman terpadu di setiap kelurahan, membangun alun-alun Kota Depok yang akan rampung tahun ini, stadion sepak bola dan gelanggang olahraga untuk bakset dan voli.

“Jadi, mudah-mudahan tahun ini semua akan rampung. Bahkan, ada hibah dari Jawa Barat untuk mendirikan kreatif center di Jalan Merdeka. Semua itu adalah fasilitas agar para milenial dapat berkegiatan yang positif,” pungkas orang nomor satu di Kota Depok itu.

Ditempat yang sama, Ketua BNN Kota Depok, AKBP Rusli Lubis mengucapkan sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah turut serta mensukseskan program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) ini.

“Maka, kami juga menyadari bahwa tanpa bekerja sama dari seluruh komponen bangsa, upaya kita dalam mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan oeredaran gelap narkotika tidak akan berhasil.

“Untuk itu, marilah kita tingkatkan kebersamaan dalam perjuangan menyelamatkan dan melindungi bangsa Indonesia dari ancaman kejahatan narkotika ini,” imbuhnya.

FALDI


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *