Diduga Tak Pernah di Kontrol, Sebuah Gardu PLN di Dusun Istana, Jatuh Nyaris Menimpa Seorang Warga

POSTKOTAPONTIANAK.COM

MELAWI KALBAR -Sebuah Gardu PLN O8 di Dusun Istana Desa Baru Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi tiba-tiba jatuh dari tiang menyangganya tepat di Pelantaran Cucian salah satu rumah Warga setempat, Kamis (4/6/2020) Siang.

Warga sekitar pun sempat heboh. Pasalnya sejumlah peralatan masak dan sebuah mesin cuci rusak akibat tertimpa Bongkahan Gardu yang jatuh beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Ibu Tuti Pemilik rumah yang bersebelahan dengan Tiang Gardu jatuh mengatakan, ketika itu dirinya sedang berada di Pelantaran dapur hendak mencuci beras ketan, tanpa diduga seketika tiba-tiba Gardu pun jatuh nyaris menimpanya, ucapnya.

” Saya sedang memcuci beras ketan, dengan begitu cepat tiba-tiba Gardu jatuh hampir menimpa saya ” ungkapnya kesal.

H Japri (70) Warga sekitar yang menyaksikan langsung saat gardu jatuh, dirinya sedang duduk di teras rumahnya.

” Kaget, saya sedang duduk-duduk di teras, saat¬† gardu itu jatuh, ” cerita¬† H Japri.

Sementara kronologis kejadian bermula dari Pihak PLN Nanga Pinoh tengah melakukan pemangkasan Pohon di kawasan Dusun Istana Pantai, saat itu salah satu pohon tumbang menimpa Kabel iduk yang telah aliran arus listriknya akibat getaran dari kabel tersebut membuat salah Gardu 08 terlepas dari tiangnya dan jatuh tepat di pelataran belakang rumah ibu Tuti (50 ).

Menager ULP, PLN Nanga Pinoh Kabupaten Melawi Ibnu Rajiman saat di temuai wartawan di lapangan mengatakan, pihaknya saat ini sedang berupaya mengganti Gardu yang jatuh tersebut dan berencana akan memindahkan gardu ke lokasi yang lebih aman nantinya.

” Kami upayakan gardu terpasang dan lampu menyala, nanti setelah mendapatkan lokasi baru yang lebih aman, gardu akan kita pindahkan, ” kilah Ibnu Rajiman.

menurut A’ang salah satu warga mengatakan, sepengetahuannya sudah sekian tahun Gardu di Pasang dirinya tak pernah melihat Orang PLN melakukan pemeriksaan atau mengontrol gardu di depan rumahnya itu.

” Selama gardu ini terpasang di tiang itu, saya belum pernah melihat orang PLN manjat mengontrol dan memeriksa gardu itu,” jelas A’ang.

Berdasarkan informasi dari warga sekitar, pihak PLN Nanga Pinoh, tidak pernah melakukan pemeriksaan di Gardu tersebut.

Selain itu dari pantauan Wartawan di Lokasi ditemukan lantai beserta papan dan beberapa baut terlihat usang dan karatan terkesan jarang di kontrol dan di awasi oleh Pihak PLN.

(Jojon )

IG – postkotapotianak_

FB – Postkota PontianakCom

TW – @PKPNews


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *