Diduga Proyek Saluran DD Sui Nipah, Asal Jadi

MEMPAWAH – (SUI NIPAH) – Salah satu warga kesal saluran air yang dibuat asal jadi menggunakan Dana Desa Sungai Nipah, Kecamatan Siantan, Kabupaten Mempawah sebesar Rp. 18.737.100 rupiah tahun anggaran 2019.

Pekerjaan yang asal jadi ini di Lingkungan RT 020 RW 01, saluran air yang dibuat tersebut diduga kuat tidak berfungsi.

Seorang Ibu Rumah Tangga sangat merasa kecewa dengan dilaksanakannya pekerjaan saluran air yang terkesan asal jadi tersebut.

“Sebelumnya saluran air gorong-gorong bisa digunakan. Setelah dipasang saluran air yang menggunakan DD, saluran air tidak bisa digunakan,” kata salah satu ibu rumah tangga yang tidak mau disebutkan namanya. Beberapa waktu yang lalu kepada Pontianakpostkota.com.

Menurut informasi di lapangan. Bukan hanya pekerjaan di kawasan RT. 020 RW 01 saja. Ada beberapa lokasi yang saluran air yang dibangun dengan menggunakan Dana Desa Sungai Nipah lainnya yang kurang bermanfaat buat warga.

Belum lagi soal kualitas dan mutu bangunan yang dikerjakan tidak sesuai ketentuan dan standar bangunan.

Di lokasi yang sama. Seorang warga turut mengomentari akan hasil pekerjaan saluran air yang dianggarkan dari DD Sungai Nipah.

“Sejak dibangun saluran air dengan menggunakan DD disekitar rumah saya, malah air sulit turun. Dulu sebelum dikerjakan saluran air lancar mengalir. Tambah lagi saluran yang dibuat menggunakan Batako yang bentuk pekerjaannya juga tidak teratur baik,” ucap warga kepada Postkotapontianak.com.

Seperti dilansir oleh media Sigap88news.com Salah seorang warga yang enggan namanya di publikasikan mengungkapkan, Bahwa kegiatan pekerjaan Saluran Air yang menggunakan DD tersebut perlu dipertanyakan kualitasnya.

Menurutnya Dengan dilakukannya kegiatan saluran air yang dilaksanakan oleh TPK desa Sungai Nipah, selaku warga mempertanyakan, Bagaimana ketahanan atau mutu dari pekerjaan Saluran Air tersebut jika menggunakan Batako yang hanya di plaster bagian luarnya saja, sedangkan bagian dalam tidak di plaster.

Ditempat terpisah Ketua TPK Muchlis saat ditemui awak media membenarkan bahwa pekerjaan Saluran Air yang menggunakan DD tahun 2019.

“Kami akui memang benar, di kawasan yang dimaksud dilaksanakannya pekerjaan Saluran Air yang menggunakan DD tahun 2019” ungkapnya.

Dijelaskan oleh Muchlis Pekerjaan tersebut juga dikerjakan oleh warga sekitar lokasi saluran air yang dimaksud.

“Kami hanya menganggarkan,Jika ada keluhan seperti ini, segera akan kami tindaklanjuti. Untuk dapat diperbaiki, jika masih ada yang kurang,” kata Muchlis.

Lebih lanjut Pejabat Sementara Kepala Desa juga turut mengomentari pertanyaan warga terkait pelaksanaan Saluran Air tersebut.

“Dianggarkannya saluran air ini tanggap darurat, mengingat kondisi di lingkungan RT 020 – RW 01 ini memang sangat memprihatinkan sekali. Dan perlu diatasi. Semoga warga dapat menerima hasil dari pekerjaan yang dana nya sangat minim tersebut,” ungkap Yayat PJ Kades Sungai Nipah mengakhiri.

Sumber : Sigap88news.com /

Penulis : Salihin


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *