Dibuka Pendaftaran Bintara Polri, Untuk Pemuda Pemudi Indonesia

Cirebon – postkotapontianak.com

Kepolisian Republik Indonesia kembali membuka kesempatan bagi Pemuda dan Pemudi Indonesia untuk mengabdikan diri menjadi anggota Kepolisian Republik Indonesia dengan pangkat Bintara ( BRIPDA ). Hal ini sesuai dengan pengumuman Kapolri yang dikeluarkan oleh Mabes Polri. Jumat, ( 06/03/2020 )

Dalam penerimaan calon anggota Kepolisian Republik Indonesia ini berdasarkan dari pengumuman Nomor : Peng/ 7 /III/DIK.2.1./2020 tentang penerimaan terpadu Bintara Polri T.A 2020 yang dibuka pendaftaran online tgl 07 maret – 23 maret 2020 ( 17 hari ) oleh Mabes Polri. Rekrutmen ini merupakan penerimaan calon anggota Polri untuk menjadi Bintara Polri dengan pangkat Brigadir Polisi dua (Bripda ) melalui pendidikan pembentukan Bintara Polri yang memiliki pengetahuan dan kemampuan dasar kepolisian, ketangguhan, sikap dan perilaku terpuji sebagai pelaksana utama tugas Polri.

Kapolres Cirebon Kota AKBP Syamsul Huda, S.I.K, S.H, M.Si melalui kasubag humas polres cirebon kota Iptu Ngatidja,SH.MH menjelaskan pada tahun 2020 Jumlah peserta didik 10.275 orang terdiri dari bintara polisi tugas umum (PTU) dan Bintara kompetensi khusus (Bakomsus) dibuka pendidikan tanggal 7 agustus 2020 dan tutup pendidikan 2 maret 2021, lama pendidikan 7 bulan ( T.A 2020 = 5 bulan dan T.A 2021 = 2 bulan ) Tempat pendidikan SPN Polda untuk Bintara PTU dan bakomsus serta Sepolwan untuk Bintara polwan, ujarnya.

” Beberapa persyaratan umum diantaranya warga negara Indonesia, beriman pada Tuhan YME, setia kepada NKRI, sehat jasmani dan rohani berumur paling rendah 18 tahun serta tidak pernah dipidana ” imbuhnya.

” sarat lain yang harus dipenuhi di antaranya belum pernah menjadi anggota Polri, ijazah SMA dengan nilai rata-rata 60,00 (lulus sblum thn 2018) dan nilai rata-rata 65,00 (lulus thn 2018 – 2019). Bagi lulusan D3 dan S1 dengan IPK minimal 2,75 dan terakreditasi, pada saat buka pendidikan ijasah SMA usia minimal 17 tahun 6 bulan/maksimal 21 tahun, lulusan D3 maksimal 22 tahun dan lulusan D4 atau S1 maksimal 24 tahun, tinggi badan pria 165 cm dan wanita 160 cm ( kecuali pulau kecil atau Polda Papua untuk Tinggi Pria 163 cm dan wanita 158 cm serta khusus daerah pegunungan Tinggi Pria 160 cm dan wanita 155 cm ), bebas narkoba, belum pernah menikah, tidak bertato atau memiliki bekas tato, berdomisili minimal 1 tahun di wilayah Polda tempat pendaftar dan mengikuti ujian akademik dan jasmani ” pungkas AKBP Syamsul Huda, S.I.K, S.H, M.Si melalui kasubag humas polres cirebon kota

Cara melakukan pendaftaran ini ada tata caranya yaitu pendaftaran online, pendaftar membuka website penerimaan anggota Polri dengan alamat website penerimaan.Polri.go.id, setelah itu pendaftar mengisi form registrasi yang berkaitan dengan identitas pendaftar memasukkan NIK yang telah terdaftar di disdukcapil. Pendaftar akan dapat hasil cetak form register online yang digunakan untuk verifikasi di bag sumda Polres cirebon kota /polda jabar, ujar Iptu Ngatidja

” Perlu diingat batas waktu verifikasi paling lambat 4 hari Jika lewat data pendaftar online terhapus pada pukul 24.00 wib hari ke-4. Dalam proses pendaftaran ini gratis tidak dipungut biaya dan bebas dari KKN, hal ini dalam rangka mewujudkan prinsip penerimaan terpadu Taruna/i Akpol T.A 2020 yang Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis ( BETAH ) ” tegas AKBP Syamsul Huda, S.I.K, S.H, M.Si melalui kasubag humas polres Cirebon Kota.(Aura)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *