Di Duga Pekerjaaan Rebat Beton Jalan Padat Karya Desa Kelakik Terkesan Tidak Ada Pemilik Karena Tidak Memasang Papan Plang Proyek

( Photo proyek rabat beton/ dok JONI. )

Melawi, Kalbar – Salah satu pekerjaan Rebat Beton di jalan padat karya desa kelakik terkesan tidak memiliki tuan dikernakan tidak memasang papan plang proyek, adapun perkeejaan tersebut bersumber dari Dana APBD provinsi.

Sesuai dengan UU KIP nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan imformasi publik, pekerjaan proyek tersebut di duga sudah menyalahi aturan.

Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik menegaskan sebagaimana dalam Pasal 28 F Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang menyebutkan bahwa setiap Orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh Informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, dan menyimpan Informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.

Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik menggarisbawahi dengan tebal bahwa salah satu elemen penting dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang terbuka adalah hak publik untuk memperoleh Informasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Salah satu warga Desa kelakik Rudi HR yang notabenenya mantan Kepala Desa Kelakik menyampaikan kepada wartawan saat investigasi di lapangan,,kalau menurut kami jalan tersebut seharusnya 5M untuk lebarnya bukan 4M karena menurut pekerjaan Kades-kades terdahulu adalah 5M, terus terang kami selaku warga setempat sangat kecewa dengan pekerjaan proyek Rabat Beton tersebu,Ungkap rudi dengan kesal.

Dikatakan olehnya saya selaku Tokoh masyarakat,kami tidak menyalahkan siapa-siapa seperti Kontraktor,dan para pekerja, namun dalam hal ini yang kami kesalkan kepada konsultan provinsi seharusnya waktu mengukur jalan tersebut harus konfirmasi serta koordinasi ke kami selaku warga setempat apalagi saya selaku mantan kepala desa dan saya sangat tau dan paham dengan kontruksi jalan padat karya yang dikerjakan tersebut karena menurut kami jalan ini seharusnya 5M.

Untuk menelusuri kegiatan proyek tersebut, pihak-pihak yang terkait dengan pengerjaan proyek belum dapat dikonfirmasi hingga berita ini ditulis./*

JON


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *