Dewan Nilai Sistem Zonasi,Dinilai Rugikan Siswa Kurang Mampu

SINTANG-Terkait penerimaan peserta didik dengan system Zonasi Anggota DPRD Sintang Welbertus meminta agar Pemerintah ikut mengawasi sistem zonasi tersebut, pasalnya penerapan sistem zonasi sudah lama diharapkan realisasinya dengan tujuan yang baik katanya 26 Juni 2019.

Tujuan utama dari system Zonasi ini tentu bertujuan sangat baik supaya peserta didik mendapatkan peluang yang besar untuk menjadi siswa di sekolah yang dekat dengan tempat tinggalnya.

Pihaknya sangat memberikan apresiasi kebijakan ini namun sisi yang cukup memprihatinkan adalah anak-anak yang tidak unggul dan memiliki kemampuan ekonomi yang terbatas sehingga masuk sekolah negeri kondisi ini yang menurut dia memaksa mereka ini bersekolah di sekolah swasta.

Sehingga menuntut mereka mengeluarkan biaya yang tidak sedikit sementara diakui dia ada anak yang orang tuanya memiliki kemampuan finansial justru mendapatkan kesempatan sekolah negeri yang notabennya menghabiskan biaya tidak terlalu besar.

Dikatakannya, sekolah Negeri yang pada dasarnya tidak terlalu besar biaya yang perlu dikeluarkan ternyata diisi oleh anak-anak dari keluarga yang mampu secara finansial padahal idealnya pelajar yang berasal dari keluarga yang mampu secara finansial dapat bersekolah di sekolah swasta dengan demikian harapan dia akan memberikan kesempatan kepada anak-anak yang kurang mampu untuk dapat menjadi pelajar di sekolah negeri karena itu dia yakin dengan penerapan sistem zonasi tersebut dapat memberi sumbangan seluasnya bagi pelajar akan memperoleh layanan pendidikan yang sebaik-baiknya sesuai dengan aturan yang berlaku. Politisi PDI Perjuangan ini juga meminta agar penerapan sistem ini diawasi dengan sebaik-baiknya oleh pihak yang terkait terutama oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang, pasalnya tentu saja hal ini perlu pengawasan dari Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pendidikan sebagai lembaga yang menjalankan fungsi tersebut,ulasnya.(Ms7).


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *