Dewan Ajak Warga Sintang Gemar Hidup Bersih dan Sehat

SINTANG-Anggota DPRD Sintang Welbertus menghimbau agar masyarakat Sintang gemar hidup bersih dan sehat, hal ini dimulai dari Keluarga dan harus mendapat dukungan dari semua pihak ujarnya kepada media ini 30 maret lalu.

Politisi PDI Perjuangan ini meminta kepada instatnsi terkait agar membantu mensosialisasikan gerakan perilaku hidup bersih, agar kedepan Sintang bebas dari hidup yang tidak sehat, Pemerintah dalam hal ini sudah terlibat langsung membantu masyarakat dengan memberikan anggaran, yang menjadi dukungan khsuus Pemerintah, yang tentu harus didukung sem,ua lapiasan masyarakat,ujarnya.

Hjal senada juga dikatakan Anggota DPRD Sintang Kusnadi ia mengatakan, gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) perlu digencarkan kepada masyarakat. Instansi terkait diharapkan bisa memainkan peran maksimal dalam mendorong PHBS tersebut. “Mempromosikan PHBS melalui pendekatan keluarga menjadi sangat penting,” katanya. Menurutnya, pemerintah sudah memberi dukungan terhadap penanganan masalah kesehatan termasuk melalui anggaran.

Sehingga besar harapan agar permasalahan kesehatan dapat diselesaikan dengan baik. Untuk mengetahui sejauh mana upaya menyelesaikan permasalahan kesehatan  tersebut, Legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini meminta Dinkes  dan Puskesmas memaparkan hasil evaluasi kinerjanya.

Sejauh mana keberhasilan pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan. Serta sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan dalam melibatkan semua unsur, lintas sektor, dalam melaksanakan pembangunan kesehatan. Permasalahan kesehatan yang masih tinggi di Indonesia. Menurutnya, penyakit menular dan tidak menular. Kematian ibu dan anak maupun persoalan gizi. Ini lanjutnya, harus manjadi perhatian, agar Sintang mempunyai langkah antisipasi. “Jika kita ingin meningkatkan kualitas hidup saat ini dan masa yang akan datang, masalah ini mesti diselesaikan,” katanya.

Menurutnya, instansi terkait dituntut mampu mengerahkan seluruh potensi, menyelesaikan permasalahan kesehatan. Ia turut mengajak segenap jajaran kesehatan untuk senantiasa menggelorakan semangat Revolusi Mental melalui penghayatan dan pengalaman tiga nilai utamanya yaitu integritas, kerja keras, dan gotong royong. “Sehingga kita dapat mewujudkan cita-cita besar pembangunan kesehatan di Indonesia yaitu masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan,” kata Kusnadi.(red)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *