Dewan Ajak Masyarakat Ikuti Aturan Pemerintah untuk Mencegah Covid-19

POSTKOTAPONTIANAK.COM

SINTANG – Hingga saat ini sudah terdapat satu Pasien Dalam Pantauan (PDP) di RSUD Adhe M Djoen Sintang positif Covid-19. Kabupaten Sintang pun sudah ditetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) dalam penangganan virus mematikan tersebut.
Menanggapi hal itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Billy Welsan meminta masyarakat tetap tenang dan jangan panik. Namun tetap harus selalu waspada dengan virus corona ini.
“Yang positif Covid-19 itu PDP dari kabupaten lain yang dirujuk di RSUD Adhe M Djoen Sintang. Dari Kabupaten Sintang belum ada yang menjadi PDP. Meski begitu kita tetap harus waspada dan ingat jangan panik, karena panik bisa picu turunnya daya tahan tubuh ,” ujar Billy, kemarin (7/4/2020)
Politisi Partai Gerindra ini juga menghimbau, agar masyarakat Bumi Senentang selalu mengikut aturan yang telah dibuat oleh pemerintah untuk memutuskan rantai penyebaran Covid-19 ini.
“Ini demi keselamatan kita bersama juga. Makanya mari kita bersama-sama memberantas virus mematikan ini. Karena bisa saja dari satu orang yang bandel, dampaknya ke masyarakat luas,” tegasnya.
Kalau memang tidak ada kepentingan di luar, kata Billy, lebih baik di rumah saja dan jika bukan hal yang sangat mendesak jangan ke luar kota dulu. Dengan begitu setidaknya dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini. Sebisa mungkin hindari keramaian dan selalu jaga jarak.
“Kalaupun memang terpaksa keluar rumah, pakaian yang kita kenakan saat keluar begitu balik ke rumah, kalau bisa diganti dan terus mandi, untuk menjaga orang rumah. Andaikan mendesak ke luar kota, sebaiknya kita lapor ke Dinkes untuk dipantau,” katanya.
Ia juga meminta masyarakat selalu menjaga kebersihan, baik untuk diri sendiri, keluarga dan lingkungan. Karena itu sangat baik untuk menghindari dari berbagai macam-macam penyakit.
“Cuci tangan harus sering dilakukan, minum vitamin ataupun suplemen untuk daya tahan tubuh, konsumsi buah-buahan dan lakukan olahraga ringan, tapi jangan ditempat ramai. Kalau bisa di rumah saja,” terangnya.
Billy juga meminta kepada masyarakat, untuk tidak share berita yang bikin panik, apalagi berita tersebut belum bisa dipastikan kebenarannya.
“Tapi share lah berita yang positif, seperti penanggulangan Covid-19 dan berita-berita yang bikin kita yakin bahwa wabah ini pasti akan cepat berlalu,” terangnya.
Billy juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, baik pusat, provinsi maupun kabupaten/kota yang begitu intens dalam menanggani kasus Corona ini.
“Tentu kita semua berharap, apa yang telah dilakukan untuk memberantas Covid-19 membuahkan hasil. Sehingga kita dapat terlepas dari belenggu virus mematikan ini,” pungkasnya. (LMB)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *