Deteksi dini, Babinsa Toho Dampingi Nakes Tracing Covid-19 di Desa Binaan

MEMPAWAH – Babinsa Koramil 05/Toho, Kodim 1201/ Mempawah, Sertu Abdul Wafi, mendampingi petugas tim tracer dari Puskesmas Takong, untuk melaksanakan pelacakan kontak erat atau disebut Tracing Contact dari warga yang terkonfirmasi positif Covid-19, di Desa Pak Utan, Kecamatan Toho, Kabupaten Mempawah, Sabtu(26/2/2022).

Kegiatan tersebut bertujuan melakukan deteksi lebih dini kontak erat kasus konfirmasi yang didapatkan,sehingga dilakukan tracing kontak, untuk mengetahui apakah seseorang itu sudah terpapar virus atau tidak.

Babinsa Pak Utan, Sertu Wafi, saat di lokasi mengatakan bahwa pendampingan ini merupakan tugas dan tanggung jawab pihaknya, sebagai aparat teritorial dan sebagai bagian dari tim tracer untuk penanganan Covid-19.

“Kami harus bekerja cepat dikala ada pasien suspeck atau terkonfirmasi positif Covid-19, segera ditelusuri riwayat kontak eratnya dengan pasien sehingga dapat mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 di wilayah binaan kami,” ucap Sertu Wafi.

Melalui cara tersebut, lanjutnya, dirinya beserta Tim Tracer lainnya bisa tahu siapa saja yang sudah bertemu dan kontak langsung dengan warga terpapar Covid-19.

“Selain itu, juga memudahkan petugas kesehatan untuk mengambil tindakan lebih lanjut,” jelas Babinsa.

Ia juga berharap, agar masyarakat bisa kooperatif dan mendukung pelaksanaan tugas Tim Tracer Contact dalam upaya memutus mata rantai penularan Covid-19, karena itu sudah menjadi tugas kita bersama.

“Kepada warga yang terkonfirmasi maupun melakukan kontak erat, diimbau untuk melakukan isolasi mandiri, dan akan di cek perkembangannya setiap hari oleh petugas Kesehatan, serta akan di pantau oleh Babinsa, dan Satgas Covid -19 yang ada di Desa,”ungkapnya.

“Jangan lupa untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan, sebagai upaya pencegahan dari penularan virus Covid-19,” tutup Babinsa Pak Utan Sertu Wafi. (1201-05).BS.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.