Desak Kades Sungai Kunyit Dalam Lengser, Warga Aksi Mosi Tidak Percaya

Poskotapontianak.com

Mempawah – Aksi Mosi Tidak Percaya dilakukan ratusan warga Desa Sungai Kunyit Dalam, Senin (20/09/2021), pagi, sekira pukul 09.10 wib,, aksi ini dilakukan karena ketidakpercayaan kepemimpinan Kades Sungai Kunyit Dalam HD yang telah melakukan perbuatan tidak perpuji sehingga mencoreng nama baik Kampung.

Ratusan warga Desa Sungai Kunyit Dalam Kecamatan Sungai Kunyit Kabupaten Mempawah, yang hadir didominasi oleh kalangan wanita tersebut langsung mendatangi kantor Desa Sungai Kunyit Dalam, saat sampai disana Kades HD tidak berada ditempat dan lagi ada keperluan keluarga di luar kota dan belum pulang.

“Kami geruduk ke kantor desa ini karena kesal atas perbuatan Kades HD yang tidak terpuji tersebut pada kaum wanita, sehingga melecehkan harkat dan martabat kaum wanita,” ucap Mariana salah seorang yang hadir dalam aksi mosi tidak percaya tersebut.

“Harusnya seorang kades harus berlaku bijak dan arif, bisa menyelesaikan masalah, termasuk masalah pribadinya sehingga permasalahan ini tidak sampai ke luar kampung,” ucap Mariana.

Lanjutnya sampaikan, diketahui beredar berita kelakuan kades dari media sosial yang memberitakan melalui media online dan tersebar hingga postingan beberapa kali disebarkan.

“Saya ketahui berita pak kades dari facebook yang diposting beritanya di media online, kaget dan sedih karena pemimpin yang dipercayakan menampuk kepemimpinan berbuat yang tidak sewajarnya,” jelasnya.

Sampaikannya, dengan kejadian tersebut para warga melakukan aksi ini, semoga aparat yang berwenang bisa menyelesaikan sesuai aturan yang berlaku.

Diwaktu bersamaan, Ketua Badan Perwakilan Desa Sungai Kunyit Dalam Joko, membenarkan kejadian yang timbul, sebagai aparat desa dengab sesuai aturan yang berlaku, memberikan pelayanan sewajarnya serta melakukan tindakan persuasif agar berjalan dengan aman dan kondusif.

“Kedatangan para warga desa dari setiap Rukun Tetangga melakukan mosi tidak percaya atas kepemimpinan Kepala Desa HD, karena permasalahan perbuatan dengan istri sirinya,” jelas Ketua BPD Joko.

“Tidak hanya melakukan mosi tidak percaya saja, tetapi warga juga membubuhkan tandatangan agar ketidakkepercayaan Kades HD memimpin, dan itu sudah kami terima bersama perangkat desa, perangkat BPD, dan Tokoh Masyarakat,” jelasnya.

Lanjutnya katakan, bahwa warga pun berorasi dan menuntut Kades tersebut, kedatangan para warga yang ratusan orang itu diterima ke gedung pertemuan desa sungai kunyit dalam.

“Aksi warga tersebut berlangsung damai dengan pengawalan petugas kepolisian dari Sektor Sungai Kunyit, Bhabinkamtibmas Desa Sungai Kunyit Dalam, Babinsa Desa Sungai Kunyit Dalam. Dengan duduk secara damai menyampaikan orasi dan berakhir dengan menandatangani surat pernyataan, setelah itu pulang ke rumah masing-masing,” jelas Letua BPD Joko./GN/DN.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.