Dengan Sepmot Dandim 1201/MPH dan Danramil 1201-12, Tempuh Lokasi Temuan Warga di Gunung Berambang Desa Tengon

Poskotapontianak.Com

Landak – komandan Rayon Militer 1201-12 Air Besar menerima kunjungan dari Komandan Rayon Militer 1201/MPH, kegiatan kunjungan yang sifatnya persuasif ini adalah bentuk kepedulian TNI kepada warga masyarakat bahwa TNI ada karena masyarakat.

Dalam kunjungan Dandim 1201/MPH Letkol.Inf. Mahumuddin Abdillah kali ini adalah mengantisipasi dan menindaklanjuti laporan warga tentang penemuan bahan peledak, amunisi dan senjata peninggalan PKI Komportasi PGRS PARAKO, di Gua Kaku Bukit Kaku Gunung Berambang Desa Tengon Kec.Air Besar Kab.Landak. Sabtu (14/06/2020).

Komandan Rayon Militer 1201-12 Air Besar sampaikan, bahwa kedatangan Dandim 1210/MPH merupakan kegiatan rutinitas, melihat kesigapan TNI yang berada di wilayah nanguan Kodim 1201/MPH. Sehubungan menindaklanjuti laporan dari warga Desa Tengon, maka kegiatan kunjungan ini mengarah di Gunung Berambang Desa Tengon, tempat warga menemukan peninggalan PKI Komportasi PGRS PARAKO.

“Pagi, pukul 08.00wib Dandim 1201/MPH sudah tiba di Koramil 1201-12 Air Besar, tujuan Giat Patroli di wilayah Koramil 1201-12. Karena ada laporan dari warga penemuan bahan peledak, amunisi dan senjata, maka kegiatan kita menuju Gunung Berambang Desa Tengon,” ucap Peltu. Lontas Bangun.

Lanjut dikatakan Danramil 1201-12 Air Besar, dengan menggunakan kendaraan roda dua dari halaman koramil menuju gunung berambang, lokasi yang ditempuh 4 jam perjalanan dengan kondisi jalan rusak berat dan cuma bisa dilewati dengan jalan kaki atau pun sepeda motor.

“Bersama Dandim 1201/MPH. Letkol.Inf. Mahmuddin Abdillah, Anggota Kodim 1201/MPH, Anggota Koramil 1201-12 Air Besar, warga Desa Tengon, kami menuju lokasi dengan menggunakan sepeda motor, dengan kondisi jalan nerkumpur tanah dan berlubang serta genangan air lumpur tanah kuning, perjalanan yang susah payah akhirnya sampai dilokasi,” jelas Peltu. Lontas Bangun.

“Sampainya kami dilokasi, melihat barang yang masih utuh sesuai laporan warga sambil memeriksa lokasi gua kaku bukit kaku, dan mengindentifikasi sementara bahan peledak, amunisi serta senjata untuk ditindaklanjuti laporannya kepada pemerintah, TNI, dan Polri,” ucap Peltu. Lontas Bangun.

Sampaikan kembali, mengutip perkataan Dandim 1201/MPH, Dandim 1201/MPH berterima kasih kepada Warga Desa Tengon yang sudah bersinergitas, bahu membahu, dan memberikan kepercayaan penuh kepada TNI dengan melaporkan penemuan yang didapat sehingga, barang tersebut tidak dimiliki dan dipergunakan sendiri, sehingga nantinya akan merugikan diri sendiri karena memiliki dan menguasai hasil temuan yang menjadi aset negara.

“Saat dilokasi, Dandim 1201/MPH, mengucapkan terima kasih kepada warga yang menemukan peninggalan milik PKI Komportasi PGRS PARAKO, bentuk ucapan terima kasih itu berupa piagam yang diserahkan langsung oleh Dandim 1201/MPH Letkol.Inf. Mahmuddin Abdillah kepada Bapak Chonelis yang sudah menemukan dan melaporkan,” jelas Peltu. Lontas Bangun.

“Kepada warga Desa Tengon, agar bisa menjaga barang tersebut, agar tidak dimiliki dan dirusak atau dialihkan dan atau dipindah tangan kepada orang lain, karena saat ini barang tersebut sudah masuk dalam pengawasan dan penjagaan TNI dan Polri,” ucap Peltu. Lontas Bangun.

“Harapan besar muncul karena warga Desa Tengon dengan spontanitas melakukan pelaksanaan dalam pengawalan dan penjagaan secara Adat, artinya jika ada orang luar masuk harus ijin kepada Kepala Desa untuk mendapat ijin, jika ada orang mengambil barang-barang tersebut tanpa ijin warga Desa Tengon dan TNI maka akan dikenakan sanksi Adat yang berlaku,” jelas Peltu. Lontas Bangun.

Sesuai amanah Dandim 1201/MPH, bahwa penemuan barang tersebut sudah dilaporkan kepada pihak Pemkab Landak, Polres Landak, dan bahkan sudah kepada Pemprov Kalbar, Pangdam XXI dan Polda Kalbar.(De’res)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *