Data terkini Satgas covid, Sintang Kembali Ke Zona Orange

Sintang,Kalbar postkotapontianak.com

16/12/2020. Bertempat Di Aula Kantor Dinas Komunikasi dan informatika Kabupaten Sintang, Satgas Kovid-19 Kabupaten Sintang kembali menggelar Konferensi Pers ke 8, terkait perkembangan Terkini Khasus covid-19 di kabupaten Sintang.

Dalam konferensi Pers yang di pimpin Oleh kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sintang Kurniawan menerangkan bahwa berdasarkan informasi dari Provinsi, sintang kembali naik ke Zona Orange (sedang). hal tersebut terjadi terang Kurniawan, berdasarkan pantauan Satgas Kovid-19 Kabupaten Sintang, di akibatkan meningkatkan nya beberapa kasus cluster Keluarga belakangan ini.

Di tanyai kemungkinan adanya cluster pemilu, mengingat Kabupaten Sintang Baru saja menyelenggarakan pemilihan Kepala Daerah (pilkada). Kurniawan menegaskan sejauh ini dari data dan pantauan Satgas Kovid-19 di Sintang, belum ada terdapat cluster pemilu, sehingga data yang ada masih pada cluster keluarga.

“kami memastikan bahwa cluster Pilkada belum kami konfirmasi sebagai suatu cluster, jadi yang terjadi hari ini adalah kami sebut sebagai cluster cluster keluarga, mengapa demikian, pertama memang sejak pencoblosan sampai hari ini apalagi ada kerumunan kita belum bisa pastikan itu sebagai cluster Pilkada, mungkin bisa jadi minggu depan terkonfirmasi mungkin, tapi sampai hari ini satgas memutuskan bahwa kami belum ada merilis bahwa ada cluster Pilkada belum ya” terang Kurniawan.

Di tanyai Prihal Adanya Pasien RSUD yang meninggal Dunia beberapa hari lalu yang di makamkan dengan standar Keselamatan Covid-19. Pihak Satgas pun menjelaskan Bahwa Pasien meninggal tersebut di nyatakan tidak Positif Covid-19. Standar pemakaman dilakukan atas persetujuan pihak keluarga, guna mengantisipasi kemungkinan yang tidak di inginkan, hal tersebut dilakukan karena Anak dari Almarhum di nyatakan positif Covid-19. Namun setelah keluar hasil tes, ternyata almarhum tidak di nyatakan sebagai pasien meninggal akibat Covid-19.

Kurniawan Selaku Kepala Dinas Informasi dan komunikasi Kabupaten Sintang terus menghimbau masyarakat agar tetap patuh pada protokol kesehatan dengan selalu menerapkan 3 M dan menerapkan pola hidup sehat, serta bersama-sama saling mengingatkan kepada masyarakat lain supaya selalu menggunakan masker dan rajin cuci tangan serta menghindari kerumunan.

Berdasarkan Data pelaksanaan rapid test dan swab test covid-19 di kabupaten Sintang bulan April s/d Desember 2020 Total sudah melakukan Rapid Test sebanyak 22608. Dengan data reaktif sebanyak 2219, sementara yang Non reaktif sebanyak 20218. Untuk kontak Erat/OTG sebanyak 2187, total orang yang melakukan SWAB sebanyak 7691, dengan hasil swab positif sebanyak 428. dan hasil Swab Negatif sebanyak 7128. Sementara untuk jumlah kesembuhan tercatat sebanyak 383 orang dan meninggal Dunia sebanyak 5 orang.

Untuk total komulatif kasus Covid-19 di kabupaten Sintang dari bulan April s/d Desember 2020 Dirawat sebanyak 18 orang, dengan 2 orang di Ruang Isolasi Khusus (RIK). dan 16 orang di Ruang Isolasi Mandiri (RIM). Sementara pasien dengan kategori orang tanpa gejala (OTG) di rawat di Rusunawa sebanyak 60 orang.

(LMB)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.