Dansatgas Pamtas 643 : Generasi Muda Perbatasan adalah Patok Hidup Batas Negara

POSTKOTAPONTIANAK.COM

(Sanggau) – Minggu (27/10/19) – Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti bersama Kwartir Ranting Pramuka Kecamatan Sajingan Besar menggelar kegiatan napak tilas patok perbatasan bersama pramuka. Acara napak tilas dibuka oleh Komandan SSK 2 Satgas Pamtas Yonmek 643/Wns, Kapten Inf Galih Satriadi di Pos Gabma Sajingan kemarin. Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas Yonmek 643/Wns, Letkol Inf Dwi Agung Prihanto di Pos Kotis Gabma Entikong hari ini.

Dansatgas Pamtas Yonmek 643/Wns juga menyampaikan, napak tilas patok perbatasan yang digagas oleh Dan SSK 2, Kapten Inf Galih Satriadi ini diikuti oleh anggota Pramuka dari tiga sekolah yakni SDN 03 Sajingan, Sekolah SMA 1 Sajingan serta SMK 1 Sajingan. Adapun pelaksanaan napak tilas patok perbatasan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 26 kemarin s.d 28 Oktober 2019.

Letkol Inf Dwi Agung Prihanto .mengatakan, adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan napak tilas patok perbatasan oleh Satgas Pamtas Yonmek 643/Wns bersama para anggota pramuka adalah untuk mengenalkan patok-patok batas yang ada di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia kepada generasi muda sejak dini.

Selain itu juga katanya, untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air yang diwujudkan dengan ikut serta menjaga patok batas agar tidak dirusak, sekaligus mengajak generasi muda di wilayah perbatasan untuk menjaga wilayah perbatasan dari gangguan tindak kejahatan yang ada di perbatasan.

“Para generasi muda yang terlahir di perbatasan, mereka ini adalah sesungguhnya patok hidup batas negara, mereka terlahir dan akan dewasa disini olehnya mereka harus tahu patok-patok batas wilayah negara ini yang harus selalu mereka jaga selaku kedaulatan negara. Menjaga kedaulatan negara adalah tugas bersama, karena kami Satgas Pamtas tidak selamanya disini,” ujarnya.

Dansatgas Pamtas Yonmek 643/Wns mengatakan juga bahwa pada acara pembukaan napak tilas patok batas kemarin, dilaksanakan juga kegiatan pembagian bantuan berupa Alkitab oleh Satgas kepada Gereja Katolik PLBN Aruk dan penyerahan senjata rakitan dari masyarakat kepada Satgas Pamtas Yonmek 643/Wns yang berjumlah 5 pucuk hasil penyerahan dari Pos KM 28 dan Pos Gabma Sajingan. (Pendam XII/Tpr)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *