Danrem 102/Pjg Resmi Tutup TMMD Reguler ke-106 Kodim 1012/Btk

POSTKOTAPONTIANAK.COM

(Barito Selatan), Kamis (31/10/19) – Komandan Korem 102/Panju Panjung, Kolonel Arm Saiful Rizal, S.Sos., secara resmi menutup TMMD Reguler ke-106 Kodim 1012/Buntok, bertempat di Lapangan Desa Patas II, Kec. Gunung Bintang Awai, Kab. Barito Selatan. Yang diikuti oleh personel Satgas TMMD, Polres Barsel, Sat pol PP, Damkar Barsel, Dishub Barsel, BPBD Barsel dan Siswa SLTA serta Masyarakat Desa Patas II. Dengan mengusung tema”Melalui TMMD Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan Untuk Kesejahteraan Rakyat”.

Penutupan TMMD tersebut ditandai dengan pernyataan resmi dan pelepasan tanda peserta kepada perwakilan Satgas TMMD Reguler ke-106 Kodim 1012/Btk oleh Danrem 102/Pjg. Selain itu juga, ditandai dengan penanda tanganan dan penyerahan naskah berita hasil kegiatan TMMD Reguler ke-106 dari Dandim 1012/Btk, Letkol Inf Tuwadi kepada Bupati Barsel yang diwakili Sekda Barsel Ir. Syahrani. MT.

Danrem 102/Pjg, Kolonel Arm Saiful Rizal, S.Sos., yang juga selaku Inspektur Upacara mengatakan, TMMD merupakan program kerjasama yang terpadu dan berkelanjutan antara TNI, Polri, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) dan Pemda yang mensinergikan program masing-masing instansi untuk membantu meningkatkan percepatan pembangunan di daerah-daerah, sehingga meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat dengan kriteria sasaran berupa daerah pedesaan khususnya daerah yang tergolong tertinggal miskin, terisolasi terpencil, daerah perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena akibat bencana,” ujarnya.

Lanjut Danrem 102/Pjg, “Melalui TMMD Kita
Wujudkan Percepatan Pembangunan Untuk Kesejahteraan Rakyat”. Sejalan dengan tema tersebut, saya mengajak masyarakat untuk bekerjasama membangun daerah, guna mengatasi berbagai permasalahan dan tantangan era globalisasi di bidang teknologi, ekonomi dan sosial budaya. Untuk itu, selama kegiatan TMMD ini prajurit TNI hadir di tengah-tengah masyarakat guna menyebarkan semangat gotong royong untuk memajukan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan juga, kegiatan TMMD yang dilaksanakan oleh Satgas TMMD meliputi kegiatan fisik dan non fisik. Untuk kegiatan fisik seperti pembukaan jalan, pembuatan rabat beton, rehab masjid, pembuatan pos kamling dan pembuatan lapangan bola. Sedangkan untuk kegiatan non fisik berupa penyuluhan, penanggulangan Karhutla, pelayanan kesehatan, lingkungan hidup, bahaya Narkoba, pelayanan publikasi dan kependudukan. Saya berharap kegiatan yang telah dilaksanakan ini, mari kita pelihara bersama-sama untuk mewujudkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat, serta meningkatkan semangat gotong royong dan kebersamaan,” pungkasnya.

Usai pelaksanaan penutupan TMMD, dilanjutkan dengan acara pembagian sembako yang diberikan langsung oleh Danrem 102/Pjg, dan pengobatan gratis kepada masyarakat. (Pendam XII/Tpr)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *