Danramil Mempawah Hilir: Lagi-lagi Muncul Titik Kebakaran Hutan dan Lahan Ditanah Gambut

Mempawah ( PKP ) – Lagi-lagi terjadi kebakaran dilahan gambut yang terpantau melalui aplikasi satelit hotspot BMKG diwilayah teritorial Koramil 1201-03 Mempawah hilir sehingga Danramil Peltu Apriadi bersama Kapolsek Iptu Imam Widhiatmoko turun langsung ketitik kebakaran didesa Pasir kecamatan Mempawah hilir Kabupaten Mempawah, Senin (2/8/2021).

Saat dikonfirmasi kepada Danramil Mempawah Hilir Peltu Apriadi mengatakan, saat ini diwilayah teritorial Koramil Mempawah hilir sudah beberapa minggu tidak terjadi turun hujan sehingga kelembaban tanah dilahan gambut menjadi kering dan mudah terbakar.

Lanjut Danramil, sulitnya jalan dan akses masuk serta tidak terdapatnya kanal penampungan air dititik kebakaran saat dilaksanakan pengecekan sehingga harus ditempuh dengan berjalan kaki sejauh 2 kilo meter dari jalan utama hal ini menjadi salah satu faktor sulitnya pemadaman dilahan yang terbakar secara maksimal.

Danramil Mempawah Hilir Peltu Apriadi menambahkan, adapun lahan yang terbakar saat ini seluas 5 Ha merupakan perkebunan karet dan sawit serta tanaman pohon naga milik masyarakat setempat, sehingga kemungkinan masih meluasnya sebaran api kelahan perkebuna berikutnya yang berada disekitar kebakaran sangat memungkinkan karena keringnya kondisi lahan gambut diseputaran titik kebakaran tersebut.

“Kami akan terus memantau dan berkoordinasi dengan Instansi terkait dalam pemadaman api dilahan yang terbakar untuk bersama-sama menangani kebakaran tersebut sehingga tidak terjadi meluasnya titik api kelahan-lahan milik warga berikutnya” ucap Danramil.

Sementara itu, Kapolsek Mempawah hilir Iptu Imam Widhiatmoko menuturkan kebakaran ini terjadi akibat faktor kelalaian manusia yang disengaja maupun tanpa segaja menyebabkan api tidak terkendali sehingga dapat menimbulkan dampak kerugian kepada orang lain.

“Imbauan serta larangan membuka lahan dengan cara dibakar terlebih lagi pada musim kemarau dilahan gambut sering kita laksanakan bersama Koramil Mempawah hilir kepada masyarakat tetapi masih kurangnya kepedulian warga tentang bahaya kebakaran yang berakibat merugikan diri sendiri maupun orang lain” ungkap Kapolsek./SP.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.