DANLANTAMAL XII PONTIANAK BUKA KEGIATAN DISEMINASI HUKUM HUMANITER INTERNASIONAL DAN HAM

Pontianak, Rabu 1 November 2017,- Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) XII Pontianak Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) Endi Supardi membuka secara resmi kegiatan Diseminasi Hukum Humaniter Internasional dan Hak Azasi Manusia (HAM) bagi Perwira TNI AL Komando Armada Barat (Koarmabar) di Lantamal XII Pontianak.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari di Hotel Golden Tulib Pontianak Kalimantan Barat ini merupakan kerjasama TNI AL dan The International Committee Of The Red Cross (ICRC) yang diwakili oleh Wakil Kepala Delegasi  ICRC Indonesia Mr. Luc Haas yang berasal dari Perancis, kegiatan ini diikuti peserta sebayak 30 personel Perwira Lantamal XII yang berdinas di Bidang Operasi, Intelijen, Hukum,Potensi Maritim,Penerangan, Kesehatan, Polisi Militer dan Marinir dan Pwa Staf Mako Lantamal XII.

Dalam amanat Danlantamal XII Pontianak sekaligus membuka secara resmi kegiatan Diseminasi Hukum Humaniter Internasional dan HAM tersebut, menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini diharapkan seluruh peserta mampu dan dapat memelihara serta meningkatkan pemahaman di bidang pengetahuan hukum humaniter internasional dan HAM yang berlaku dalam operasi militer, sehingga sasaran yang ingin dicapai dapat tercapai dengan maksimal.

Lebih lanjut dikatakan, sasaran yang ingin dicapai antara lain meningkatkan pengetahuan dan pemahaman setiap prajurit / Perwira TNI AL tentang hukum humaniter internasional dan hak azasi manusia menurut hukum nasional dan internasional, memiliki kemampuan dalam menerapkan hukum humaniter internasional dan HAM dalam setiap pelaksanaan operasi militer serta mampu memahami dan memiliki keterampilan dalam menerapkan aturan pelibatan (Rules Of Engagement atau ROE).

Selain itu Danlantamal XII mengharapkan kepada seluruh peserta untuk memanfaatkan momen yang baik ini semaksimal mungkin. “Perhatikan dan cermati secara seksama apa yang disampaikan, sehingga akan menjadi sesuatu yang berguna untuk diri kita dan organisasi”. Ucap Danlantamal XII.

Kegiatan tersebut diawali pembekalan oleh Kepala Dinas Pembinaan Hukum TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Supradono, S.H., dalam pembekalannya Kadiskumal menjelaskan tentang Antisipasi terhadap niat permusuhan, aksi terhadap tindakan permusuhan, self defense, tindakan yang dilarang dan diperbolehkan, menghormati dan melindungi hak-hak sipil.

Acara pembukaan dihadiri oleh Kepala Dinas Pembinaan Hukum Angkatan Laut (Kadiskumal) Laksamana Pertama TNI Supradono, S.H., Sekdiskumal Kolonel Laut (KH) Krisno Buntoro, S.H., L.L.M., Ph.D., Kadiskum Lantamal XII Letkol Laut (KH) Adi Soetirta, S.H., Wakil Kepala ICRC Mr. Luc Haas  Program Manajer ICRC Kerjasama Dengan TNI Dinihari Puspita dan Para Perwira Peserta Diseminasi Hukum Humaniter Internasional dan HAM.

Dinas Penerangan Lantamal XII Pontianak.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *