DANLANTAMAL XII HADIRI UPACARA PENAIKAN BENDERA SANG MERAH PUTIH DI GUBERNURAN

POSTKOTAPONTIANAK.COM

PONTIANAK KALBAR -TNI AL Lantamal XII PTK : Komandan Lantamal XII Kolonel Marinir Andi Rukman berserta ibu menghadiri upacara penaikan bendera dalam rangka memperingati HUT ke 75 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman kantor gubernur Kalimantan Barat Jl. Jenderal Ahmad Yani, Bangka Belitung Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Senin (17/08/20) dengan tema “Besar Indonesia Maju”

Bertindak selaku Inspektur Upacara gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H., M. Hum., sedangkakan Komandan Upacara AKBP. Sigit Eliyanto. Pasukan upacara terdiri dari Satu Pleton TNI AD dari Kodam XII Tanjungpura, Satu Pleton TNI AL dari Lantamal XII, Satu Pleton dari Lanud Supadio Pontianak, Satu Pleton dari Polda Kalimantan Barat, Satu Pleton Satsik Adjendam/XII, Satu Pleton Polisi Pamong Praja, Satu Kompi gabungan PNS propinsi Kalimantar Barat.

Upacara memperingati HUT ke 75 proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020 ditengah mewabahnya Virus Covid 19 dihadiri para undangan yang cukup sederhana akan tetapi terasa cukup hidmat serta tidak mengurangi makna kebesaran yang terkandung dalan peringatan kemerdekaan sebagaimana dengan peringatan peringatan sebelumnya.

Hal berbeda hanya terlihat pada petugas pengibar bendera merah putih yang hanya terdiri dari tiga orang saja dan tidak melibatkan pasukan yang terbagi dalam pasukan 17, pasukan 8 dan pasukan 45 sebagaimana dilaksanakan pada pelaksanaan upacara sebelumnya akibat dari mewabahnya Virus Corona 19. Hal tersebut dilakukan tentunya sebagai pertimbangan untuk mentaati dan menjalankan prosedur dan protocol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Sedangkan susunan upacara yang dilaksanakan tetap mengacu pada TUM (Tata Upacara Militer) yang berlaku seperti pengibaran sang merah putih yang diiringi lagu Indonesia Raya, mengheningkan Cipta, pembacaan naskah Pancasila dan pembacaan pembukaan Undang Undang Dasar 1945 yang merupakan bagian esensi acara pokok dalam memperingari kemerdekaan

Selesai mengikuti upacara Danlantamal XII bersama sama bapak gubernur dan Forkopimda menyaksikan upacara HUT RI ke-75 di Istana Merdeka Jakarta sebagai Irup Presiden RI Ir. H. Joko Widodo secara Virtual melalui Video Conference (Vicon) yang dilaksanakan di Balai Petitih kantor Gubernur Kalbar./# Sumber :Dispen Lantamal XII Koarmada I.

Publish Udin Subari.

POSTKOTAPONTIANAK.COM

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *