Danlantamal Beserta Pejabat Utama Lantamal Mengikuti Pidato Presiden RI Dalam Rangka Hari Lahir Pancasila di Lobby Utama Mako Lantamal XII

PKP 1 PONTIANAK – TNI AL Lantamal XII Pontianak – Komandan Lantamal XII, Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi, beserta Pejabat Utama Lantamal XII, antara lain Wadan Lantamal XII, Para Asisten, Kadis/Kasatker menyaksikan secara langsung Pidato Presiden RI Bapak Joko Widodo melalui siaran Televisi Republik Indonesia (TVRI), bertempat di Lobby Utama Mako Lantamal XII, Jeruju Kota Pontinak Kalimantan Barat. Senin (01/06/2020)

Peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2020 kali ini bertemakan “Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju”. Dalam Amanatnya Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa saat ini kita melaksanakan peringatan hari Lahir Pancasila ditengah Pandemic Covid-19, hal ini menguji daya juang kita, menguji pengorbanan kita, dan menguji kedisiplinan kita, serta menguji kepatuhan kita sebagai Bangsa Indonesia. Wabah ini juga menguji ketenangan dalam mengambil kebijakan yang cepat dan tepat.

“Dalam menghadapi ujian tersebut, kita bersyukur bahwa Pancasila tetap jadi bintang penjuru untuk menggerakkan kita semua, menggerakkan bangsa Indonesia untuk saling bersatu menghadapi Covid-19. Juga menyampaikan bahwa Pancasila pun memperkokoh persaudaraan dan kegotongroyongan bangsa untuk meringankan beban masyarakat serta menumbuhkan daya juang rakyat Indonesia untuk mengatasi kesulitan dan tantangan yang sedang dihadapi, serta nilai-nilai luhur Pancasila, harus dihadirkan secara nyata dalam kehidupan, Ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Selain itu “Pancasila harus terus jadi nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan kita. Nilai yang bekerja dalam kebijakan dan keputusan pemerintah. Nilai yang hidup terus bergelora dalam semangat bangsa Indonesia”, kata Jokowi dalam peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar secara virtual. Pembacaan Teks Pancasila dibacakan oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan Ketua DPR Puan Maharani yang membacakan teks UUD 1945.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila digelar secara virtual, dan disaksikan oleh seluruh Pejabat Negara, para Menteri Indonesia Maju. Demikian juga Danlantamal XII, Pejabat Utama Lantamal XII, dan seluruh Prajurit Lantamal XII, serta seluruh keluarga wajib menyaksikan Pidato Presiden RI Joko Widodo melalui saluran di kanal Youtube BPIB, Instagram BPIB, Televisi Republik Indonesia (TVRI) dan Radio Republik Indonesia, sehubungan dengan Peringatan Hari Lahir Pancasila, menindaklanjuti Surat Panglima TNI Nomor B/1878-08/01/08/Spers tanggal 28 Mei 2020 tentang Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020, dan Surat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor; Und.147/Ka.BPIP/05/2020 tanggal 30 Mei 2020, tentang perubahan kegiatan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020; dan Surat Panglima TNI Nomor B/1913-08/01/08/Spers tanggal 31 Mei 2020 tentang Ralat Surat Panglima TNI Nomor Nomor B/1878-08/01/08/Spers dimana adanya perubahan pada pasal 3 Subpasal 6 tentang waktu pelaksanaan, semula dilaksanakan pukul 09.00 WIB s.d Selesai menjadi Pukul 07.45 WIB s.d selesai.

 Lantamal XII.

IG : postkotapontianak_

FB : Postkota PontianakCom

TW : @PKPNews


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *