Dandim Singkawang, Pimpin Dialog tentang Kebersihan Kota

Singkawang, Jumat (2/8/19)- Bertempat di Koramil 1202-11/Singkawang, Kelurahan Pasiran, Kec. Singkawang Barat, Kota Singkawang, Komandan Kodim 1202/Singkawang, Letkol Arm Victor Jacob Lucas, L. S. Sos., pimpin kegiatan Sosialisasi dan Dialog tentang penanganan pembersihan sungai di Kota Singkawang.

Forum diskusi bersama ini dilaksanakan guna untuk membahas penanganan kebersihan khususnya dalam menangani permasalahan pengelolaan sampah di kota Singkawang.

Dalam sambutannya, Komandan Kodim 1202/Singkawang, Letkol Arm Victor Jacob Lucas, L. S. Sos., mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk menyikapi persoalan sampah di Singkawang. Diharapkan masyarakat memiliki kesadaran dengan tidak membuang limbah dan sampah ke sungai yang akan memberikan dampak terhadap revitalitas sungai tersebut. Sehingga ini perlu adanya edukasi yang seimbang. Terutama nilai ekonomis yang dapat dimanfaatkan, dibanding membuang sampah sembarangan yang ujungnya mencemari lingkungan.

“Masalah sampah di Singkawang merupakan tanggung jawab kita semua, kita harus turun tangan, bahu membahu membersihkan sungai dengan cara bergerak bersama,” ajak Dandim.

“Oleh karena itu, perlu adanya kesinambungan antara masyarakat baik TNI, pemerintah, komunitas untuk ikut bertanggungjawab bersama menjaga lingkungan. Dengan demikian, edukasi dan infrastruktur yang dibangun dapat memberikan hasil yang optimal,” tambahnya.

Dikatakan juga, dalam kegiatan tersebut perlu dilibatkan juga Toga, Tomas dan pakar hukum dalam pelaksanaannya, bentuk tim, untuk memberikan himbauan kepada mayarakat agar jangan membuang sampah sembarangan,” ungkapnya

Diakhir kegiatan disampaikan juga, agar seluruh yang hadir memberikan saran dan masukan secara tertulis, tentang penanganan pembersihan sungai, baik dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang,” ujar Letkol Arm Victor Jacob Lucas, L. S. Sos.

Hadir pada acara tersebut antara lain, Kadis Lingkungan Hidup Kota Singkawang diwakili Ibu Emi, Kasdim 1202/Skw Mayor Inf Suharmoko beserta Para Perwira Staf Kodim 1202/Skw, Perwakilan dari Sekretariat Pemkot Skw, Bapak Sutiyatno, Camat Singkawang Barat, Bapak Yulianus, Perwakilan Komunitas Rusen, Bapak Edyliyus, Perwakilan dari Kec. Singkawang Tengah Bapak Turangan, SST, Perwakilan Dinas Observasi kota Singkawang, Bapak Gusmou, Perwakilan BPBD, Bapak Cristian Stefanud, SH, Perwakilan Mahasiswa Untan Pontianak serta Perwakilan Komunitas Club Motor King.

Sumber : (Pendam XII/Tpr).

Publish : Udin Subari /wa-0812 5650 6066 /postkotapontianak.com


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *